16 Macam Sambal Khas Indonesia, Pedasnya Bikin Mata Merem Melek

16 Macam Sambal Khas Indonesia, Pedasnya Bikin Mata Merem Melek

--

RADAR TEGAL- Aneka sambal khas Indonesia terkenal loh di di penjuru dunia. Dengan rasa pedas yang khas nembuat orang ketagihan.

Banyak makanan yang apabila tidak diberi sambal khas Indonesia rasanya akan kurang pas. Seperti nasi uduk, nasi padang, pecel, gorengan, dll.

Bagi pecinta pedas wajib tau apa saja sambal khas Indonesia. Siapa tau kamu mau mencoba membuat nya sendiri di rumah.

Berikut ini adalah sambal khas Indonesia yang memiliki cita rasa khas yang membuatmu ingin mencobanya lagi. Yuk, simak artikel berikut ini.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Chinese Style Spesial: Nikmatnya Lezat yang Pas Banget! Begini Cara Membuatnya

Sambal Khas

1. Sambal Terasi

Mungkin salah satu cocolan yang paling dikenal oleh kita. Dimasak dengan merebus bahan lalu diulek, ini menggunakan tomat, terasi bakar, cabai, dan bawang merah.

Rasanya tentu saja makin gurih karena tercampur rata. Cocok dimakan bersama panganan kuah seperti sayur asem atau cocolan lalapan, serta gorengan.

2. Sambal Matah

Sambal khas Indonesia ini bersal dari Bali yang pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang sangat segar. Kamu tak perlu memasak, hanya butuh memotong dan mencincang bahan seperti:

  • Bawang merah
  • Tomat dan cabai
  • Serai dan daun jeruk
  • Terasi bakar
  • Air jeruk nipis dan sedikit minyak panas

Yuk, Kamu harus coba sambal matah ini dengan rasa yang segar dan pedasnya terasa pas!

3. Sambal Krecek

Sambal khas yang datang dari Jogja Indonesia ini merupakan teman makan gudeg. Terbuat dari kulit sapi atau krecek yang dimasak bersama dengan santan, cabai, serai, salam, dan lengkuas.

Sumber: