Apakah memakai Makeup Bisa Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

Apakah memakai Makeup Bisa Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

PUASA- apakah memakai makeup bisa membatalkan puasa?--

BACA JUGA: Mager Pakai Makeup Berlapis-lapis? Inilah 9 Rekomendasi Sunscreen dengan Efek Tone Up yang Patut Dicoba

Alangkah baiknya jika setiap wanita tetap menjaga kesederhanaan diri selama berpuasa dengan tidak memakai make up berlebihan. Dr Ali mengungkapkan bahwa sebaiknya di siang hari seseorang tidak memakai make up karena puasa tidak harus dimanjakan dengan hal-hal seperti make up atau sejenisnya.

Kalau pun seseorang diharuskan memakai make up karena pekerjaan atau karena ingin membahagiakan suami, disarankan agar make up yang diaplikasikan ke wajah sederhana saja. Pastikan pula bahwa make up yang dipakai ini tidak akan tertelan dan masuk kerongkongan hingga perut.

Kalau pun tidak sengaja tertelan, ini juga tidak apa-apa. Kalau tertelannya make up karena sengaja, Dr Ali mengungkapkan bahwa hal ini jelas tidak diperbolehkan dan membatalkan puasa.

Kesimpulan

Kesimpulan dari beberapa pendapat diatas mengenai apakah memakai makeup bisa membatalkan puasa? Jawabannya adalah tidak asal makeup tersebut tidak tertelan.

BACA JUGA: 9 Adab Berbuka Puasa Sesuai Syariat Islam, Nomor 7 Kadang Diabaikan

Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan memakai makeup terlalu tebal maupun berlebihan. Demikian artikel tentang memakai makeup bisa membatalkan puasa atau tidak, semoga bermanfaat.(*)

Sumber: