Sebulan Bisa Bolak-balik, Ini Cara Khatam Al-Quran Selama Bulan Suci Ramadhan Paling Gampang

Sebulan Bisa Bolak-balik, Ini Cara Khatam Al-Quran Selama Bulan Suci Ramadhan Paling Gampang

Cara Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Suci Ramadhan, Yuh Amalkan Agar Mendapat Keberkahan di Bulan Suci Ramadhan--

RADAR TEGAL - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan bulan dimana semua amal Sholeh dilipatgandakan pahalanya. Itulah sebabnya banyak orang muslim menjadikan momen ramadhan untuk melakukan target khatam Al-Quran selama bulan suci ramadhan.

Apalagi bulan suci ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran, sehingga bulan suci ini menjadi waktu yang tepat bagi orang muslim untuk meningkatkan interaksi dengan Al-Quran. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan.

Maka kita sebagai umat muslim harus memanfaatkan momentum ramadhan ini dengan target khatam Al-Quran di bulan suci ramadhan tahun ini. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah juga agar kita memperoleh ketenangan hati, ampunan dari Allah SWT dan meningkatkan hubungan dengan Allah SWT.

BACA JUGA: Khatam Quran, 6 Pelajar SMP di Tarub Kabupaten Tegal Dapat Beasiswa

Bagi sebagian orang mengkhatamkan Al-Qur'an di Bulan ramadhan adalah hal yang mudah, tetapi terkadang ada juga orang muslim yang ingin khatam Al-Qur'an selama bulan suci ramadhan namun belum  paham belum cara mengatur waktunya.

Tenang saja, bagi kamu yang ingin khatam Al-Qur'an selama bulan suci ramadhan namun belum paham cara mengamalkan. Berikut beberapa caraya yang bisa kamu lakukan:

1. Membaca Al-Quran 1 Hari 1 Juz

Bulan suci ramadhan berlangsung sekitar 30 hari dan jumlah juz dalam Al-Quran sama dengan 30, maka untuk kamu yang ingin khatam Al-Quran selama bulan suci ramadhan wajib satu juz satu hari. Kamu bisa memilih atau menentukan sendiri kapan waktu yang pas untuk membaca Al-Qur'an  dalam 1 juz tersebut.

Namun jika kamu masih bingung kapan menentukan waktunya, kamu bisa membaca Al- Quran setelah sholat fardhu, sholat tarawih, atau pada saat orang lain berburu takjil. kamu harus melakukannya secara konsisten, maka dalam 1 bulan target kamu khatam Al-Quran dapat tercapai.

BACA JUGA:Amalan Selama Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala dan Berkah

2. Membaca Al-Quran 5 Menit Sebelum dan Sesudah Sholat

Cara khatam Al-Qur'an selama bulan suci ramadhan selanjutnya, kamu bisa membaca Al-Qur'an 5 menit sebelum dan sesudah sholat. Seperti apa yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat.

Ustad Adi menganjurkan kita semua untuk menginvestasikan waktu 5-10 menit saja membaca Al-Qur'an di setiap salat agar bisa khatam Al-Qur'an. "Apa Anda tidak punya waktu 5 menit untuk akhirat?" kata Ustaz Adi Hidayat.

3. Membaca Al-Quran Kapan Saja

Sumber: