Jangan Abaikan, Berikut Hidangan yang Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa agar Puasa Makin Optimal

Jangan Abaikan, Berikut Hidangan yang Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa agar Puasa Makin Optimal

RAMADHAN 2024- Hidangan yang hihindari saat sahur ialah makanan pedas yang berlebih.-(Ilustrasi Pinterest)--

3. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak seperti gorengan dan daging berlemak adalah hidangan yang dihindari saat sahur, karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini dapat menyebabkan rasa kenyang yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas ibadah.

Sebagai sumber protein yang lebih sehat, pilihlah ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan. Jenis protein ini lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan rasa kenyang yang berlebihan.

4. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi makanan tinggi garam saat sahur dapat menyebabkan dehidrasi dan rasa haus berlebihan. Ini merupakan hidangan yang dihindari saat sahur karena hal ini dapat mengganggu aktivitas ibadah dan membuatmu tidak fokus.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV HISENSE Layar 40 Inch FHD Android 11 Bezelless Dolby 40E5G, Buat Tonton Siaran Ramadhan

Pilihlah makanan dengan kandungan garam yang lebih rendah dan perbanyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan stamina selama berpuasa.

Saat berbuka

1. Minuman Manis dan Bersoda

Meskipun terasa segar, minuman manis dan bersoda sebenarnya tidak membantu mengobati rasa haus. Minuman ini justru dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan menyebabkan dehidrasi.

Sebagai alternatif yang lebih sehat, pilihlah air putih, jus buah segar tanpa gula, atau teh herbal. Minuman ini membantu menghidrasi tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

2. Makanan Berminyak dan Gorengan

Sama seperti saat sahur, hindari makanan berminyak dan gorengan saat berbuka karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu aktivitas ibadah dan membuatmu tidak fokus.

BACA JUGA: Kedai Radar Tegal, Tawarkan Sensasi Berbuka Puasa dengan Menu Lezat yang Hemat

Pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna seperti kurma, sup, atau buah-buahan. Makanan ini lebih sehat dan membantu tubuhmu pulih setelah seharian berpuasa.

Sumber: