Jangan Abaikan, Berikut Hidangan yang Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa agar Puasa Makin Optimal

Jangan Abaikan, Berikut Hidangan yang Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa agar Puasa Makin Optimal

RAMADHAN 2024- Hidangan yang hihindari saat sahur ialah makanan pedas yang berlebih.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Bulan Ramadhan merupakan momen istimewa bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dan kesehatan. Menjaga pola makan serta mengerti hidangan yang dihindari saat sahur dan berbuka menjadi kunci agar tubuh tetap fit dan ibadah lancar.

Biasanya masyarakat akan sembarangan menyantap hidangan saat sahur dan berbuka khususnya, karena setelah seharian tdak memberi asupan pada tubuh. Banyak di antaranya tak mengetahui hidangan yang dihindari saat sahur dan berbuka.

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis hidangan yang dihindari saat sahur dan berbuka puasa? Oleh karena itu kami telah merangkumnya dalam ulasan ini.

Berikut artikel mengenai beberapa hidangan yang dihindari saat sahur dan berbuka yang perlu kamu perhatikan:

BACA JUGA: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H untuk Tegal, Brebes dan Slawi, Hari Pertama dan Kedua Puasa

Saat sahur

1. Makanan Tinggi Gula

Hidangan yang dihindari saat sahur pertama ialah yang memiliki banyak gula. Meskipun memberi energi instan, makanan tinggi gula seperti roti putih, nasi putih, dan minuman manis justru membuatmu cepat lapar dan haus. 

Hal ini disebabkan karena gula diproses dan diserap tubuh dengan cepat, sehingga tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Sebagai gantinya, pilihlah karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, dan nasi merah. Jenis karbohidrat ini dicerna lebih lama dan memberikan energi tahan lama, sehingga kamu tidak akan mudah lapar selama berpuasa.

2. Makanan Pedas

Hidangan yang dihindari saat sahur yaitu yang memiliki rada pedas berlebih, karena dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti heartburn dan mual. Hal ini dapat mengganggu aktivitas ibadahmu dan membuatmu tidak fokus.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Ramadhan 2024 yang Mudah Dibuat di Rumah

Pilihlah makanan yang lebih ramah lambung seperti sup ayam, bubur, atau roti gandum dengan topping telur rebus. Makanan ini lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan iritasi pada lambung.

Sumber: