5 Cara Atur Keuangan Tanpa Ngutang Pinjol Selama Ramadan, Ibadah Jadi Lebih Tenang

5 Cara Atur Keuangan Tanpa Ngutang Pinjol Selama Ramadan, Ibadah Jadi Lebih Tenang

5 cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan-freepik-

RADAR TEGAL – Anda bisa ikuti 5 cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan yang akan dibahas di artikel ini. Jadi, ibadah puasa Anda akan jadi lebih tenang tanpa adanya kejaran debt collector.

Cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan ini khususnya bisa dilakukan baik yang sudah berumah tangga atau belum. Hal ini juga untuk menghindari adanya pengeluaran berlebihan yang dirasa tidak begitu penting.

Selain itu, cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan ini bisa membuat skor kredit tetap aman. Sebab, Anda tidak perlu mengambil pinjaman demi memenuhi kebutuhan selama bulan puasa sampai Lebaran nanti.

Berikut 5 cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan. Ikuti cara-caranya sampai akhir artikel.

5 Cara atur keuangan tanpa ngutang pinjol selama Ramadan

Biasanya harga kebutuhan pokok ketika Ramadan akan lebih tinggi dibanding hari biasanya. Namun, untuk mengatasi hal ini Anda tidak harus ambil pinjaman demi memenuhinya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai alternatif selain ambil pinjol.

BACA JUGA: 20 Daftar Aplikasi Pinjol dengan DC Lapangan Siap Menagih Sampai Depan Rumah saat Puasa

1. Hitung Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama tentunya Anda harus hitung tiap pendapatan dan pengeluaran sehari-hari. Mulai dari gaji, insentif, bonus, hasil investasi jika ada, maupun sumber penghasilan lainnya.

Sementara untuk pengeluaran seperti tagihan bulanan, pendidikan, asuransi, kesehatan, hiburan, serta sebagainya juga harus tercatat rinci. Menghitung seluruh pendapatan dan pengeluaran nantinya bisa membantu Anda membuat anggaran dengan tepat.

2. Buat Anggaran

Cara agar tidak perlu ambil pinjol berikutnya dengan buat anggaran secara rinci. Anda sudah membuat catatan pemasukan dan pengeluaran, maka tahapan membuat anggaran ini akan lebih mudah.

Buatlah anggaran pengeluaran yang berisikan estimasi pengeluaran dalam periode tertentu. Entah itu untuk hitungan per minggu, bulan, maupun tahun sekalipun.

BACA JUGA: 5 Pinjol yang Ada DC Lapangan Terbaru 2024, Jangan Galbay kalau Gak Mau Didatangi Penagih Utang

Sumber: