Tak Perlu Takut, Begini Cara Memperbaiki Motor yang Kebanjiran dengan Mudah Dijamin Menghemat Biaya

Tak Perlu Takut, Begini Cara Memperbaiki Motor yang Kebanjiran dengan Mudah Dijamin Menghemat Biaya

Tak Perlu Takut, Begini Cara Memperbaiki Motor yang Kebanjiran dengan Mudah Dijamin Menghemat Biaya--youtube/ MOTOR Plus dan edit Canva

RADAR TEGAL - Jika kendaraan terendam banjir tentunya akan membuat performanya menurun. Jangan khawatir, jika motor Anda mengalami hal tersebut begini cara memperbaiki motor yang kebanjiran.

Cara memperbaiki motor yang kebanjiran ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan tanpa harus masuk ke bengkel. Dengan melakukannya sendiri juga kamu akan mengurangi biaya untuk perawatan motor.

Melakukan perawatan setelah terendam banjir memang sedikit membutuhkan effort yang lebih dari biasanya. Untuk itu cara memperbaiki motor kebanjiran harus dengan teliti dan konsisten.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang cara memperbaiki motor yang kebanjiran. Simak artikel ini sampai selesai untuk tahu cara dan tips ampuh mengatasinya.

BACA JUGA: 5 Cara Merawat Motor Listrik dengan Mudah Agar Tegap Terjaga Stamina dan Performanya

BACA JUGA: Perhatikan, Begini Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima

6 Cara memperbaiki motor yang kebanjiran dengan mudah tanpa ke bengkel

1. Menguras oli

Cara yang pertama ini adalah dengan menguras oli yang ada pada motor kamu. Hal ini penting karena bisa mempengaruhi performa dari mesin motor kamu.

Dalam melakukan pengurasan oli, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan misalnya apakah oli masih aman atau sudah terkena campuran air. Biasanya oli yang sudah terkena campuran akan memiliki warna yang berbeda seperti coklat muda atau abu-abu.

Baiknya kamu juga melakukan pembersihan lanjut atau flushing bagian dalam penyimpanan oli. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya endapan lumpur yang masuk ke dalamnya.

2. Jangan menghidupkan mesin

Selanjutnya, kamu tidak perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu setelah motor kamu terkena banjir. Hal ini akan berakibat fatal jika kamu nekat untuk menghidupkannya karena kemungkinan adanya kotoran yang masih mengendap di dalam motor.

BACA JUGA: Berikut Tips Merawat Motor Listrik yang Kamu Punya Agar Awet dan Aman

Hal ini jangan pernah kamu lakukan jika memang kondisi banjir yang motor kamu alami sangat tinggi dan sudah menenggelamkan mesin. Jika banjirnya tidak sampai parah, kamu lebih baik untuk membersihkan rangka mesinnya saja dari luar.

3. Cara memperbaiki motor kebanjiran: cek busi

Bagin busi sangat penting untuk kelistrikan yang ada pada motor. Jika motor sudah terendam sebaiknya untuk mencopot busi terlebih dahulu dan mengontrol keadaanya.

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan kick stater hal ini untuk mengecek apakah masih ada air di dalam mesin. Busi yang kamu copot tadi tentunya akan aman ketika ternyata masih ada air di dalam motor.

4. Cek bagian pengereman

Sumber: