Tips Apabila Kendaraan Mogok Terendam Banjir, Segera Lakukan Agar Mobil dan Motor Tidak Rusak

 Tips Apabila Kendaraan Mogok Terendam Banjir, Segera Lakukan Agar Mobil dan Motor Tidak Rusak

PENTING - Tips Apabila Kendaraan Mogok Terendam Banjir--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Kendaraan terjebak banjir dan butuh tips apabila kendaraan mogok terendam banjir agar mobil atau motor kita tidak rusak? Tenang saja artikel ini akan menginformasikan cara untuk mengatasi hal tersebut.

Tips apabila kendaraan mogok terendam banjir adalah hal yang penting untuk diketahui oleh orang-orang. Terlebih lagi bagi orang yang memiliki kendaraan bermotor dan rumahnya terletak di daerah rawan banjir seperti di Kecamatan Losari, Brebes yang tengah banjir saat ini.

Selain mengetahui tips apabila kendaraan mogok terendam banjir, bagi daerah yang rawan banjir dan sedang terjadi musim hujan, sebaiknya Anda juga mengetahui cara menanggulangi agar kendaraan Anda tidak terendam air banjir.

Berikut tips apabila kendaraan mogok terendam banjir. Pastikan supaya Anda membaca langkah-langkahnya secara detail dan lengkap.

BACA JUGA: Nekat Terjang Banjir Losari Brebes, Puluhan Motor Mogok

Cara mengatasi mobil yang terendam banjir

1. Secepatnya Lepas Kabel Negatif Aki

Langkah ini adalah langkah yang paling penting sebab itu harus dilakukan pertama kali yaitu memastikan keamanan listrik pada mobil. Di mana hal ini dilakukan dengan cara melepas kabel negatif pada aki mobil secepat mungkin.

Seperti yang kita ketahui bahwa air adalah salah satu penghantar listrik yang baik. Sehingga dengan mudah dapat menyebabkan arus pendek atau korsleting. 

Korsleting yang terjadi pada mobil tentunya dapat berpotensi terjadinya kerusakan pada komponen listrik dalam mobil. Di antaranya mulai dari lampu hingga aksesoris audio di dalam mobil

2. Pastikan Mesin dalam Keadaan Mati saat Terendam Air

Tipa apabila kendaraan mogok terendam banjir yaitu jangan sampai Anda menyalakan mesin saat masih dalam keadaan terendam. Sebab apabila mesin menyala dalam keadaan terendam maka air dengan mudah akan membuat mesin mobil juga ikut terendam.

BACA JUGA: Penting! 7 Tips Mengecek Mesin Suzuki APV Bekas, Sebelum Anda Membelinya Wajib Tahu Ini

Hal ini berkaitan dengan masalah aki mobil yang akan alami korsleting, serta di kemudian hari mesin akan sulit bekerja secara normal meski sudah kering. Apabila perlu memindahkan mobil dari area banjir, sebaik lakukan dengan mendorong mobil.

Sumber: