Mesin Motor Sulit Distarter? Bisa Jadi Busi Sudah Saatnya Diganti, Ini 6 Ciri-cirinya

Mesin Motor Sulit Distarter? Bisa Jadi Busi Sudah Saatnya Diganti, Ini 6 Ciri-cirinya

Mesin Motor Sulit aMenyala Waktu Distarter? Pertanda Busi Motor Minta Diganti Ini 6 Ciri-cirinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika menyalakan motor terutama saat pagi hari ketika akan dipanaskan. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan motor sulit dihidupkan, dan salah satunya adalah busi motor.

Busi motor sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam motor yang berfungsi sebagai sistem perapian. Apabila terjadi masalah pada busi, maka sistem pengapian tidak bisa bekerja endingnya motor sulit dihidupkan.

Masalah pada busi motor dapat disebabkan oleh berbagai hal. Masalah yang sering dialami oleh para pengendara motor adalah usia busi yang memang perlu diganti.

Busi motor biasanya memiliki masa pakai 6 ribu kilometer dan perlu diganti apabila sudah motor sudah berjalan sejauh itu.

BACA JUGA: Penyebab Motor Listrik Mati Total, Ini Solusinya agar Awet dan Tahan Lama

Ciri-ciri busi motor saatnya diganti 

1. Motor Sulit Dihidupkan

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, busi yang tidak sehat dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan. Masalah pada busi bisa terjadi karena busi mengalami keausan atau sudah tidak sanggup menghasilkan percikan api.

Apabila busi motor sudah tidak sanggup menghasilkan percikan api, maka motor tidak bisa dihidupkan. Karena itu, segera lakukan penggantian busi sesuai dengan anjuran pabrik atau Anda bisa menggantinya di bengkel terdekat.

2. Mesin Motor gradak

Ciri-ciri busi motor minta diganti lainnya adalah terjadinya getaran atau suara gemuruh pada mesin. Hal ini bisa terjadi karena busi yang sudah kotor tidak dapat menghasilkan percikan api yang sempurna untuk pembakaran.

BACA JUGA: Ini Penyebab Motor Matic di Indonesia sangat Laris daripada Motor Bebek, Nyaris 100 Persen

Endingnya pembakaran menjadi tidak optimal dan menghasilkan suara mesin yang kasar dan getaran yang tidak nyaman.

Jika anda tidak percaya, cobalah perhatikan perpedaan suara dan getaran mesin saat pertama kali dihidupkan setelah mengganti busi dengan yang baru.

Sumber: