7 Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Tegal yang Kini Mulai Terkikis Perkembangan Zaman

7 Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Tegal yang Kini Mulai Terkikis Perkembangan Zaman

ILUSTRASI tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal--

RADAR TEGAL - Ada beberapa tradisi unik jelang Ramadhan yang biasanya dilakukan masyarakat di Tegal. Tradisi tersebut, dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat di beberapa wilayah.

Tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal ini dilakukan sebagai persiapan dalam menyambut datangnya bulan suci umat Islam itu. Meski tak banyak yang melakukan, namun tradisi tersebut masih ada hingga saat itu.

Masyarakat di Tegal melakukan tradisi unik jelang Ramadhan itu sebagai bentuk suka cita menyambut datangnya bulan suci yang di dalamnya dilimpahkan pahala oleh Allah SWT. Namun, sayangnya tradisi tersebut kini mulai terkikis perkembangan zaman, sehingga nyaris punah.

Nah, penasaran dengan tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal itu, simak tulisan berikut ini. Artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Tradisi Nyadran, Cara Masyarakat di Jawa Sambut Kedatangan Ramadhan

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Ada beberapa keutamaan yang terdapat di bulan suci Ramadhan. Sehingga, umat muslim akan bersuka cita menyambut kedatangannya.

Selain adanya perintah berpuasa, ada berbagai ibadah yang nilai pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Karena di dalam bulan suci Ramadhan ini memiliki sejumlah keutamaan.

Berikut ini, beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan:

  • Adanya perintah menjalankan ibadah puasa
  • Ramadhan sebagai bulan Alquran
  • Ramadhan bulan kesabaran
  • Dibukanya pintu surga
  • Adanya malam lailatul Qodar

BACA JUGA: 5 Hal Menarik Tentang Tegal, dari Nama Desa-desanya yang Unik hingga Tradisinya

Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Tegal

Setelah mengetahui keutamaanya, selanjutnya mengupas tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal. Tradisi yang masih terjaga hingga saat ini meskipun sudah mulai terkikis perkembangan zaman.

1. Wuwungan

Tradisi unik yang pertama adalah wuwungan. Mungkin Tradisi ini ada di beberapa daerah, termasuk di Tegal.

Sumber: