7 Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Tegal yang Kini Mulai Terkikis Perkembangan Zaman

7 Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Tegal yang Kini Mulai Terkikis Perkembangan Zaman

ILUSTRASI tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal--

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Tradisi Moci Masyarakat Tegal, Simbiosis Mutualisme yang Diwariskan Turun Temurun

Mereka akan melakukan tradisi ini kembali sehari menjelang Idul Fitri maupun Idul Adha. Namun, untuk prebegan sebelum hari raya itu ada 2, yakni prebegan cilik dan prebegan gede.

5. Saling Bermaafan Agar Puasa Berjalan Lancar

Tidak hanya saat hari raya, masyarakat juga akan saling meminta maaf satu dengan lainnya. Harapannya, dengan saling bermaafan itu, perjalanan ibadah puasa tidak ada ganjalan dan berharap ibadah akan diterima Allah SWT.

6. Melunasi Hutang

Selain bermaafan, biasanya masyarakat akan berupaya melunasi hutang terhadap tetangganya. Dengan begitu, dalam menjalankan ibadah puasa mereka akan melaksanakannya dengan khusuk.

7. Membersihkan Lingkungan dan Masjid

Selanjutnya, dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan, masyarakat akan melakukan bersih-bersih. Baik lingkungan, maupun tempat ibadah seperti Masjid dan Musholla yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan.

BACA JUGA: Berbagi Cinta Lewat Tradisi Moci Khas Tegal, Simbol Keakraban Antara Nyong dan Koen

Penutup

Setiap daerah tentu memiliki tradisi yang berbeda-beda, namun ada kalanya memiliki kesamaan. Seperti tradisi unik jelang puasa di Tegal ini yang mungkin ada kesamaan dengan daerah lainnya.

Demikian artikel tentang tradisi unik jelang Ramadhan di Tegal yang kami rangkum dari berbagai sumber. Tradisi apapun selama itu baik maka baik pula dilaksanakan, karena di dalamnya terkandung filosofinya masing-masing. (*)

Sumber: