Hari Kedua Banjir di Brebes, Meluap ke 3 Kelurahan dengan Ketinggian Sepaha Orang Dewasa

Hari Kedua Banjir di Brebes, Meluap ke 3 Kelurahan dengan Ketinggian Sepaha Orang Dewasa

Hari kedua banjir di Brebes mulai menggenangi wilayah perkotaan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Banjir di Brebes kini meluas di wilayah perkotaan, Selasa 27 Februari 2024. Meluasnya banjir ke wilayah perkotaan sudah terasa sejak Selasa dini hari tadi.

Saat ini, ada tiga kelurahan yang mulai tergenang banjir di Brebes. Yakni, Kelurahan Gandasuli, Kelurahan Limbangan Wetan, dan Kelurahan Limbangan Kulon.

Sementara puluhan desa di 7 kecamatan sejak kemarin masih terendam banjir di Brebes. Wilayah itu hingga Selasa pagi ini sebagian masih terendam. 

Banjir di Brebes yang menggenang di tiga kelurahan terbaru merupakan luapan Sungai Sigeleng. Meski ketinggian air sudah mencapai paha orang dewasa, warga yang rumahnya teredam banjir enggan mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

BACA JUGA: Nekat Terjang Banjir di Brebes, Ratusan Kendaraan Bermotor Mogok saat Lewati Jalan Ini

“Air mulai masuk ke pemukiman pada dini hari tadi. Sampai pagi ini debitnya tambah naik. Ini karena sungai Sigeleng meluap,” kata warga Kelurahan Limbangan Kulon, Waryuni.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Brebes, total ada enam desa dan tiga kelurahan yang terendam banjir di Brebes. Untuk 6 kecamatan lainnya, akibat meluapnya Kali Pemali, sebagian titik lokasi banjir sudah mulai surut. 

Hingga saat ini, petugas dan relawan bencana masih melakukan evakuasi korban banjir di Brebes yang berada di titik-titik lain. Saat ini Pemkab Brebes telah membuka Posko Dapur Umum yang dipusatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes.(*)

Sumber: