7 Cara Bikin Rumah Adem Tanpa AC, Hemat Listrik dan Sudah Pasti Ramah Lingkungan

7 Cara Bikin Rumah Adem Tanpa AC, Hemat Listrik dan Sudah Pasti Ramah Lingkungan

HEMAT LISTRIK - Dengan menerapkan cara bikin rumah adem tanpa AC ini, Anda dapat menjaga rumah tetap adem tanpa harus bergantung pada AC.--

RADAR TEGAL - Cuaca panas yang melanda sering kali menjadi momok yang mengganggu keseharian, membuat kita merasa gerah dan tidak nyaman. Namun, apakah ada cara bikin rumah adem tanpa AC? 

Banyak orang cenderung langsung memilih untuk menghidupkan AC guna menciptakan udara yang lebih sejuk di dalam rumah. Tetapi banyak rumah di Indonesia belum merata penggunaan AC, begini cara bikin rumah adem tanpa AC.

Namun, tahukah Anda bahwa ada cara-cara alami yang efektif untuk menjaga rumah tetap adem tanpa harus bergantung pada AC? Di sini, kami hadirkan 7 cara bikin rumah adem tanpa AC yang bisa Anda terapkan tanpa perlu khawatirkan tagihan listrik yang membengkak.

Berikut ini kami telah merangkum beberapa cara bikin rumah adem tanpa AC, hemat listrik namun ruangan tetap nyaman dan sejuk, tanpa perlu tagihan listrik yang membengkak. Simak artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Awet dan Hemat Energi Listrik, Ini Rekomendasi AC Dinding 2 Jutaan yang Jadi Pilihan Terbaik di Tahun 2024

1. Menjaga ruangan tetap tertutup

Pertahankan jendela dan tirai tertutup saat teriknya sinar matahari pada siang hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari masuknya sinar matahari secara langsung yang dapat meningkatkan suhu ruangan. Pilihlah tirai dengan warna terang atau tirai blackout untuk memaksimalkan efek pendinginan.

2. Membuka jendela di malam hari

Saat malam tiba, udara luar biasanya lebih sejuk. Manfaatkan momen ini dengan membuka jendela untuk mengalirkan udara segar dan dingin ke dalam rumah. Pastikan untuk memasang kawat kasa di jendela guna mencegah masuknya serangga.

3. Menanam pohon di sekitar rumah

cara bikin rumah adem tanpa AC berikutnya. Pohon tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga memberikan naungan alami yang dapat membantu menurunkan suhu udara di sekitar rumah. 

Pilihlah jenis pohon yang rindang seperti beringin, ketapang, atau angsana untuk ditanam di halaman depan, belakang, atau samping rumah Anda.

BACA JUGA: Murmer Tapi Gak Murahan! 5 Rekomendasi AC Portable 2024 yang Hemat Energi Tapi Dinginnya Maksimal

4. Menggunakan kipas angin

Sumber: