6 Alasan Kenapa Harus Rutin Cek SLIK OJK Meski Tidak Ajukan Pinjol

6 Alasan Kenapa Harus Rutin Cek SLIK OJK Meski Tidak Ajukan Pinjol

6 alasan rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol-OJK-

RADAR TEGAL – Ada 6 alasan penting rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol yang harus Anda tahu. Tidak hanya pinjaman online, meski Anda tidak menggunakan jenis pinjaman kredit apapun tetap harus cek secara berkala.

Alasan rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol salah satunya karena bisa berdampak pada keuangan. SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan dari OJK ini bukanlah sekedar arsip informasi kredit.

Rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol ini alasan utamanya yaitu keuangan. Ia juga merupakan alat efektif yang bisa dikatakan membantu seseorang mengukur dan menjaga kesehatan finansial.

Berikut 6 alasan pentingnya rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol. Hal ini bisa jadi langkah dalam mengusahakan keuangan tetap stabil sampai menjaga privasi data pribadi.

6 alasan rutin cek SLIK OJK meski tidak ajukan pinjol

Ada sejumlah hal yang membuat kita harus rajin memeriksa riwayat kredit atau SLIK OJK meskipun sedang tidak mengajukan pinjaman. Berikut diantaranya.

BACA JUGA : 4 Jenis Kredit yang Membuat BI Checking Rusak Selain Pinjol, Jangan Asal Ajukan di Luar Kemampuan

1. Tahu gambaran kesehatan finansial

Sebagaimana yang disebutkan tadi, SLIK OJK merupakan sistem yang menyediakan informasi soal kredit dan risiko nasabah perbankan. Mulai dari bank sampai dengan pinjaman online yang legal OJK.

Jika Anda memahami informasi di dalamnya, maka Anda bisa tahu gambaran soal kesehatan keuangan milik sendiri di mata lembaga keuangan. Terdengar sepele, namun ini sangat bermanfaat nantinya ketika Anda mengambil pinjaman atau kredit.

2. Bisa mendeteksi potensi masalah keuangan

Penyebab mengapa Anda harus rajin cek SLIK OJK berikutnya yaitu bisa memantau Anda dalam memantau kondisi keuangan. Nanti Anda bisa lebih mudah dalam mendeteksi potensi masalah keuangan.

Mulai dari keterlambatan bayar, tunggakan, sampai catatan buruk yang berdampak pada skor kredit. Hal ini berguna ke depannya agar Anda bisa mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

BACA JUGA : Gaji UMR Bisa Gabung, Ini Syarat dan Cara Daftar Jadi Lender Pinjol Cuma Lewat HP

Sumber: