Viral di TikTok! Waduk Malahayu di Brebes Vibes-nya Seperti di Luar Negeri, Cocok untuk Healing

Viral di TikTok! Waduk Malahayu di Brebes Vibes-nya Seperti di Luar Negeri, Cocok untuk Healing

Sedang trend di tiktok pesona pemandangan waduk malahayu di Brebes vibesnya seperti di luar negeri --Instagram @fotografer.introvert

RADAR TEGAL- Bagian kalian yang tinggal di Brebes dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan Waduk Malahayu di Brebes. Belakangan ini terdapat video fyp di TikTok yang memperlihatkan keindahan waduk yang vibes-nya seperti di luar negeri.

 

Dengan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan pantas saja Waduk Malahayu di Brebes ini banyak didatangi oleh wisatawan. Banyak yang berkunjung untuk sekedar healing dan mengabadikan momen untuk berfoto-foto.

 

Lalu dimana sih lokasi tepatnya Waduk Malahayu di Brebes ini? Nah buat Anda yang ingin berkunjung ke sini lokasinya di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

 

Waduk Malahayu di Brebes ini memiliki fungsi sebagai sarana irigasi dan sebagai pengontrol banjir di sekitar kawasan Brebes. Karena pemandangannya yang indah, tempat ini kemudian menjadi salah satu tempat tujuan wisata.

BACA JUGA: 5 Wisata Brebes yang Jarang Orang Tahu, Nggak Kalah Bagusnya dengan yang Ada di Jogja Loh

Harga tiket masuk Waduk Malahayu di Brebes

 

Jika kalian ingin berkunjung ke Waduk Malahayu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp2000- Rp5000 per orang. Sedangkan untuk tiket parkir motor sebesar Rp2000 dan untuk parkir mobil Rp5000.

 

Fasilitas Waduk Malahayu

 

Objek Wisata Waduk Malahayu ini punya fasilitas cukup lengkap seperti:

 

  • Tempat parkir

  • Warung makan

  • Toilet

  • Gazebo

  • Spot foto.

 

Jam operasional Waduk Malahayu 

 

Objek wisata Waduk Malahayu buka setiap hari Senin- Minggu selama 24 jam. 

 

Rute ke Waduk Malahayu 

 

Jika Anda warga Brebes sudah pastinya untuk menuju Waduk Malahayu ini sangat mudah karena terdapat petunjuk arah. Nah bagi Anda yang dari Cirebon dan naik bus, caranya mudah.

 

Yakni dari Terminal Harjamukti naik bus jurusan Tegal/Semarang/ Purwokerto turun di pertigaan Tanjung Brebes (sebelum Pejagan). Kemudian menyebrang sisi selatan dan masuk arah Tanjung, di sana naik angkot biru jurusan Tanjung- Banjarharjo dan turun di Banjarharjo. Lalu naik ojek ke Waduk Malahayu.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Khas Brebes, Harga Murmer Tapi Cita Rasanya seperti Hotel Berbintang

Waduk Malahayu di Brebes ini selalu ramai setiap harinya dikunjungi oleh para wisatawan baik dari warga Brebes sendiri maupun dari luar daerah. Dengan pemandangan air yang biru dan terdapat pepohonan di sekeliling waduk menjadikan suasana yang tenang, asri dan bikin betah.

 

Pantas saja banyak wisatawan yang bersantai di sekitar pohon sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Berkunjung ke Waduk Malahayu tidak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan mengelilingi waduk.

 

Kita bisa mengelilingi Waduk Malahayu dengan menyewa perahu dari penduduk setempat. Waduk Malahayu juga sering menjadi tempat untuk bumi perkemahan karena pemandangannya yang indah dan tempatnya luas.

 

Selain itu di Waduk Malahayu juga sebagai pemasok ikan segar gratis yang sangat digemari oleh warga sekitar. Ada beberapa fasilitas juga tersedia di dalam komplek Waduk Malahayu ini seperti kolam renang anak, mainan anak, becak air, perahu pesiar, perahu dayung dan panggung terbuka untuk hiburan.

BACA JUGA: Jejak Sejarah Telur Asin Brebes, Sisa Tradisi Tionghoa yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Mitos Waduk Malahayu

 

Di luar keindahannya, Waduk Malahayu di Brebes saat ini masih menyimpan mitos yang sangat kental dan masih dipercaya oleh masyarakat Brebes. Yakni masyarakat percaya bahwa pasangan pengantin baru wajib membasuh muka dengan air waduk ini.

 

Konon katanya, pasangan yang membasuh mukanya dengan air waduk ini akan langgeng dalam pernikahannya. Oleh karena itu, hampir setiap hari ada pengantin baru yang selalu menyempatkan diri berkunjung ke lokasi tersebut.

 

Selain itu terdapat ular besar yang konon menjadi penunggu Waduk Malahayu. Ular besar ini konon sering kali menampakkan diri terhadap pengunjung. 

 

Menurut cerita yang beredar, ular siluman raksasa itu sewaktu-waktu muncul dan dikenal sebagai nama Si Buntung. Warga Malahayu yang mayoritas penghidupannya bergantung pada waduk tersebut sangat percaya bahwa ular tersebut memang benar-benar ada.

BACA JUGA: Dijamin Sedap, Ini Rekomendasi 3 Kuliner Malam Khas Brebes yang Cocok untuk Long Weekend 

Demikian artikel pembahasan mengenai seputar Waduk Malahayu di Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: