AC 2 PK untuk Ukuran Kamar Berapa? Begini Penjelasan dan Cara Memilihnya

AC 2 PK untuk Ukuran Kamar Berapa? Begini Penjelasan dan Cara Memilihnya

AC 2 PK idealnya untuk ukuran kamar berapa ?-freepik-

RADAR TEGAL – AC 2 PK tidak bisa dipasang sembarangan karena harus sesuai dengan ukuran kamar. Hal ini agar pendinginan dari AC tersebut bisa merata ke seluruh ruangan dengan baik.

Ukuran kamar untuk pemasangan AC 2 PK akan dibahas pada artikel ini. Selain itu, ada juga cara memilihnya agar Anda tidak salah beli karena ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Penggunaan AC 2 PK idealnya dilihat dari ukuran kamar, bukan dari harga, merk, atau sebagainya. Hal ini masih jadi pengetahuan yang minim untuk sebagian orang terutama yang sering mengeluhkan udara dingin AC miliknya tidak mau tersebar rata.

Berikut penjelasan ukuran kamar yang ideal untuk AC 2 PK beserta cara memilihnya. Jangan buru-buru beli sebelum Anda tahu poin-poin di bawah ini.

AC 2 PK idealnya untuk ukuran kamar berapa?

Biasanya AC 2 PK memiliki tenaga kurang lebih 18.000 BTU/h yang cocok untuk ruangan 30 meter persegi. Ukuran ideal ini bisa digunakan untuk kamar tidur atau ruangan yang tidak dihuni banyak orang dan minim perangkat elektronik.

BACA JUGA : Cara Menentukan AC 1 PK Sesuai Ukuran Kamar dan Watt dari Jenisnya agar Dinginnya Gak Pilih Kasih

Sebab, alat elektronik dan tubuh manusia akan meningkatkan suhu di ruangan tersebut. Hal inilah yang mengakibatkan angin yang dikeluarkan AC jadi berbeda dan kurang maksimal terasa.

Cara memilih

Setelah Anda tahu ukuran ideal untuk AC 2 PK, Anda selanjutnya harus tahu bagaimana cara memilih produk yang tepat. Jangan hanya fokus pada merk tertentu dan harga, namun alhasil tidak bisa memenuhi apa yang sebenarnya dibutuhkan.

1. Sesuaikan AC dengan cooling load

Cooling load ini adalah beban yang harus didinginkan AC untuk suatu ruangan. Adapun 3 hal yang mempengaruhi cooling load yaitu luas ruangan, alat elektronik, dan jumlah penghuni dalam satu ruangan tersebut.

Ruangan yang berisikan banyak alat elektronik akan membuat AC jadi tidak optimal suhu dinginnya. Apalagi alat-alat tersebut digunakan oleh banyak orang untuk aktivitas sepanjang hari.

BACA JUGA : Tak Gampang Rusak, Ini 4 AC Midea Terbaik Murah Mulai Rp2 Jutaan, Ada Tipe Standar dan Portable

Sumber: