Perbedaan Android TV dan Smart TV, Mana Produk yang Paling Bagus?

Perbedaan Android TV dan Smart TV, Mana Produk yang Paling Bagus?

Perbedaan Android TV dan Smart TV--

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang berencana membeli televisi baru untuk di rumah, maka simak perbedaan Android TV dan Smart TV sebelum membelinya, ya.

Kedua produk tersebut memang sangat mirip. Jadi tidak salah apabila Anda merasa kesulitan dalam mengetahui letak perbedaan Android TV dan Smart TV.

Dengan mengetahui perbedaan Android TV dan Smart TV berikut ini, maka bisa menjadi bahan pertimbangan. Bagi Anda yang berencana membeli dari salah satu dari produk tersebut.

Apabila Anda ingin mengetahui perbedaan Android TV dan Smart TV, maka bisa mengetahuinya terlebih dahulu mengenai pengertian dari kedua produk tersebut. Simak artikel berikut ini sampai selesai.

BACA JUGA: Ini yang Mencolok dari Perbedaan Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi sampai Akses Playstore

Apa itu smart TV?

Smart TV hadir dengan fitur ekslusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Dengan smart TV, Anda bisa menyambungkan Smart TV ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet untuk bisa mengakses konten online.

Tidak hanya itu, smart TV juga hadir dengan sistem operasi yang mirip dengan yang Anda gunakan pada Smartphone dan PC. Sebagian smart TV umumnya dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, Youtube, Facebook, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa itu Android TV? Android TV merupakan salah satu jenis smart TV yang mempunyai fitur serupa seperti aplikasi bawaan dan konektivitas internet.

BACA JUGA: Mengenal Perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana yang Lebih Unggul?

Perangkat yang satu ini bisa berjalan pada sistem operasi Android yang dibuat oleh Google. Android TV juga mempunyai akses Google Play Store, sehingga Anda bisa mengunduh dan memperbaharui versi aplikasi terbaru.

Sebagai bonus tambahan, kini terdapat banyak TV Android yang menawarkan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk bisa menyuguhkan pengalaman TV yang lebih baik, lho.

Perbedaan Android TV dan Smart TV

1. Sistem operasi

Tahukah Anda bahwa perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV yakni terletak pada sistem operasinya. Smart TV ditenagai dengan sistem operasi yang berbeda tergantung pada merek yang Anda pilih. 

BACA JUGA: Rahasia Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Belum Banyak Diketahui

Sedangkan TV Android berjalan di sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Hal ini akan memberikan Anda pengalaman keseluruhan yang lebih baik.

Karena Anda bisa dengan mudah mengontrol TV Android Anda. Dengan Smartphone Android atau Smartwatch.

2. Dukungan aplikasi pada Android TV dan Smart TV

Untuk ketersediaan aplikasi, manakah yang lebih baik? Jawabannya Android TV.  Sebab, meskipun keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan.

Namun berkat dukungan Play Store di TV Android, Anda memiliki j6.000 aplikasi mulai dari Netflix, YouTube, Disney Hutstar, Prime Video, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Perbedaan Smart TV dan Android TV, Kenali Dulu Bedanya Sebelum Beli dan Mana Lebih Bagus

Sedangkan pada produk smart TV tidak mempunyai keunggulan tersebut karena hanya menawarkan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer saja.

Belum lagi, terdapat pembaruan aplikais di smart TV sedikit sulit. Sehingga beberapa  aplikasi tidak mendukung.

3. Sistem update antara Android TV dan Smart TV

Tahukah Anda bahwa Android TV tidak hanya menawarkan koleksi aplikasi yang lebih besar. Namun juga memenangkan pertarungan antara Android vs Smart TV dalam firmware dan pembaruan aplikasi.

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 5 Perbedaan Smart TV dan Android TV

Umumnya, TV Android memiliki pengembangan teknologi aktif, dan rajin untuk menghadirkan pembaruan. Tidak hanya itu, pada saat terkoneksi dengan internet. Anda juga bisa menikmati update otomatis.

Sedangkan Smart TV sebaliknya tidak begitu sering mendapatkan pembaruan. Dan OS TV menjadi usang setelah beberapa tahun.

4. Mirroring antara Android TV dan Smart TV

Android vs Smart TV diketahui menawarkan opsi untuk mirroring dari smartphone ke TV. Namun, transmisi layar di TV Android lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan fitur Chromecast.

BACA JUGA: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Smart TV dan TV Digital yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Anda bisa mendapatkan gambar yang jernih dan streaming video dalam definisi tinggi. Sebaliknya, bahkan dengan fitur pencerminan layar bawaan di Smart TV, memasangkan dan menyambungkan perangkat merupakan hal yang merepotkan.

Demikian ulasan mengenai perbedaan Android TV dan Smart TV. Semoga bermanfaa. (*)

Sumber: