Perbedaan Smart TV dan Android TV, Kenali Dulu Bedanya Sebelum Beli dan Mana Lebih Bagus

Perbedaan Smart TV dan Android TV, Kenali Dulu Bedanya Sebelum Beli dan Mana Lebih Bagus

Penampakan Smart TV-freepik.com-

RADAR TEGAL - Sekilas smart TV dan Android sangat mirip nyaris tidak ada perbedaan. Tetapi sesungguhnya perbedaan smart TV dan Android tetap ada.

Sebagian orang beranggapan Android TV adalah smart TV, meski  demikian perbedaan smart TV dan Androd masih bisa ditemukan.

Dengan kata lain tidak semua smart TV adalah Android TV. Karenanya, kenali lebih dulu perbedaan smart TV dan Androd sebelum membelinya.

Berikut ini perbedaan antara Smart TV dan Android yang perlu Anda ketahui. Bacalah tulisan ini hingga selesai.

BACA JUGA:Jadi Pilihan Akhir Tahun, Ini 5 Rekomendasi Android TV Terbaik 2023 Beserta Harganya

Apa Itu Smart TV dan Android TV?

Sebelum mengetahui perbedaan keduanya, ada baiknya mengenali terlebih dahulu pengertiannya lebih dulu. Terkadang sebagian orang telah memiliki perangkat keduanya, tetapi tidak mengerti ada perbedaan keduanya.

Smart TV yang lebih populer sebagai TV, adalah sebuah televisi yang dapat mengakses program tambahan lewat internet

Atau dengan kata lain bahwa perangkat ini setara dengan komputer tertanam pada televisi yang bisa jadi Televisi berfungsi sebagai komputer. Kelebihan Smart TV menjumpai aplikasi bawaan bermain game, streaming termasuk YouTube dan Facebook.

Masih ada kelemahan yakni sistem operasi tidak dapat diupgrade dan inilah perbedaan Smart TV dan Android TV kenali dulu bedanya sebelum membeli.

BACA JUGA:5 Smart TV LED 32 Inch Paling Murah dan Terbaik 2023 yang Bisa Dibeli di e-Commerce

Sementara Android TV memiliki hampir semua  fungsi smart TV hanya perbedaannya Android TV sistem operasi didukung Google

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Kedua perangkat baik smart TV dan Android TV begitu  canggih yang dapat mengakses program tambahan lewat internet hanya bedanya Android didukung Google.

Lalu, letak perbedaan keduanya  dibagian mana yang pasti ada sebagian pengguna masih bingung membedakan antara smart TV dan Android TV.

Nyaris tidak terdapat perbedaan kedua perangkat TV ini dan tidak perlu khawatir   dalam   tulisan ini  akan mengupas tuntas mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV.

BACA JUGA:3 Daftar LED TV Terbaik 2023, Harganya Ada yang Bisa Buat Beli Rumah di Kampung

Perbedaan diantara keduanya begitu mencolok baik dilihat dari program aplikasi kemudian pembaharuan otomatis.

Di samping itu  dapat ditemukan  masalah asisten suara hingga transmisi layar dan mana yang lebih baik Smart TV atau Android TV, berikut ulasannya:

1. Program Aplikasi

Salah satu  cara mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV bisa  diperhatikan pada program aplikasi. Keduanya memang mendukung sejumlah perangkat  aplikasi populer yang jumlahnya berbeda-beda.

Kelebihan Android TV memiliki  Android App store yang berisi 10.000 aplikasi dijadikan alternatif pilihan. Sebagaimana ponsel pintar mulai YouTube sampai Netflik.

BACA JUGA:5 Merk Smart TV 43 Inch yang Paling Banyak Dicari, Harga Miring Kualitas Terbaik

Sedang smart TV sebalik hanya menjalankan sistem Tizen atau WebOS yang aplikasi juga terbata, terutama aplikasi bawa. Maka kenali dulu bedanya sebelum membeli.


2. Pembaharuan Otomatis

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang lain pada masalah pembaharuan otomatis dan biasanya perangkat  Android akan melakukannya secara berkala. Hal itu lantaran  perangkat Android selalu aktif  update  dan pengembang secara rutin mendorong pembaharuan baru otomatis .

Dari sinilah letak perbedaan Smart TV dan Android TV paling mencolok dalam hal  pembaharuan aplikasi. Terutama sumber daya media streaming. 

Android terkoneksi jaringan  WiFi, sementara smart TV tidak terhubung. Kemudian smart TV sulit mendapat pembaharuan dan pastikankenali dulu bedanya sebelum membeli.

BACA JUGA:Spesifikasi Smart TV Mi TV 4A Layar 32 inch, Beginilah Penampakannya yang Elegan

3. Asisten suara

Masih ada lagi perbedaan Smart TV dan Android TV yang paling mencolok terletak bagian asisten suara Googgle bawaan. Fitur asisten suara tersemat pada perangkat begitu menonjol dalam fungsinya baik, saat pengguna berpindah saluran dan mencari program cukup  lewat kontrol suara.   

Sebaliknya  smart TV cara kerjanya harus memasukkan konten dengan keyboard berukuran penuh. Apabila memanfaatkan kontrol suara perlu memasangkan diperangkat seperti Alexa untuk mencapaii  fungsinya  dan itulah mengapa  kenali dulu bedanya sebelum membeli.

4. Integrasi Aplikasi Favorit dari Ponsel Android ke Android TV

Letak perbedaan lain yang unik dan khas hanya  ditemukan perangkat Android TV yakni integrasi aplikasi favorit  dari ponsel Android ke Android TV. Integrasi kedua perangkat dapat terjadi adanya Asistent Google  dan Chromecast bawaan yang  dkenal sebagai Google  cast.

Namun, fitur ini hanya dijumpai pada perangkat   Android  TV  saja  tidak berlaku smart TV dan tidak mungkin terjadi pada  smart  TV. Tanpa peralatan  proyeksi lainnya, yang berarti memerlukan tenaga maupun biaya tambahan jumlahnya tidak  sedikit.  

BACA JUGA:Beri Pengalaman Berbeda, Ini 3 Rekomendasi Smart TV Samsung 32 Inch Terbaik 2023 Beserta Keunggulannya 

Android TV atau Smart TV, Mana yang Lebih Baik

Pada dasarnya  Android TV adalah TV pintar dengan beragam fitur  tambahan yang bisa dipilih dalam perpustakaan aplikasi. Sementara itu, smart TV menawarkan  antarmuka yang   ramah pengguna dan lugas berperforma   keren kinerjanya lebih cepat dibandngkan Android TV.

Kedua jenis TV mempunyai  kelebihan masing-masing dan melihat dari pengalaman menonton lebih praktis, maka smart TV jawabannya. Baik Android TV atau Smart TV memang canggih tetapi terlihat jumlah  fitur tersemat dalam perangkat mana yang lebih bagus, jawabannya adalah smart TV.

Alasannya, fitur smart TV yang minim tidak banyak tertanam di dalam perangkat memberi pengaruh besar pada kinerja mesin lebih mudah digunakan, terutama pemula. Sedangkan, fitur Android TV dikenal kerap menawarkan beragam fitur dan aplikasi yang bermacam-macam bertehnologi tinggi.

Meski begitu pastikan memperhatikan spesifikasi tiap produk kemudian pastikan kesediaan anggaran cukup sebelum membeli.

BACA JUGA:5 Smart TV LED Murah Ukuran 43 Inch, Bisa Buat Rumah Jadi Bioskop Keluarga                                                    

Sampai di sini sudah paham perbedaan Android TV dan Smart TV kenali dulu bedanya sebelum membeli menjadi  inspirasi.(*)

Sumber: