Bingung Pilih Televisi Baru? Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Supaya Tak Salah Beli

Bingung Pilih Televisi Baru? Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Supaya Tak Salah Beli

Ketahui perbedaan Smart TV dan Android TV untuk menikmati siaran televisi sekaligus layanan streaming online dengan nyaman.--

RADAR TEGAL - Bagi Anda yang berencana untuk membeli televisi baru, ada baiknya simak terlebih dahulu mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV. Pasalnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini banyak perangkat elektronik canggih, termasuk TV.

Lahirnya perangkat TV yang sudah semakin canggih, keluarga dirumah bisa menikmati siaran televisi sekaligus layanan streaming online dengan nyaman. Oleh karena itu, pentingnya bagi Anda untuk mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV. 

Meskipun keduanya merupakan perangkat televisi pintar, namun ada sedikit perbedaan yang mencolok. Simak perbedaan Smart TV dan Android TV berikut ini agar tidak salah beli.

Kami akan membagikan informasi mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV yang bisa Anda ketahui dibawah ini. Simak artikel radartegal.disway.id dengan seksama!

BACA JUGA: Daftar Merk Smart TV 32 Inch Harga Paling Murah dan Ramah ATM, Kualitas No Kaleng-kaleng

Tentang smart dan android TV

Apa itu Smart TV? Dilansir dari laman Gadget Review, smart TV merupakan perangkat televisi yang memberikan akses ke internet. Anda dapat mengakses konten online dengan menghubungkannya secara wireless atau menggunakan kabel ethernet.

Berbeda dengan TV digital pada umumnya, smart TV menghadirkan aplikasi khusus yang dirancang untuk streaming acara TV, film, video, dan musik tanpa memerlukan kotak streaming. Smart TV nampak sekilas mirip dengan komputer, karena selain menyediakan layanan streaming, smart TV juga dapat mengakses internet melalui koneksi internet.

Namun, layanan internet biasanya tidak disertakan dalam pembelian smart TV, sehingga Anda perlu memasang jaringan internet melalui router dan modem sendiri.

Lalu apa itu Android TV? Android TV merupakan perangkat televisi yang dikembangkan oleh Google, dengan fitur yang lebih banyak daripada smart TV. Dikutip dari laman PC Guide, Android TV memiliki konektivitas internet, serta memberikan akses ke banyak konten dan aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 TV Android LED 50 Inch, Hadirkan Bioskop dalam Ruangan

Secara umum Android TV termasuk dalam kategori smart TV. Bedanya, Android TV hadir dengan beberapa fitur dan fungsi tambahan yang disediakan oleh sistem operasi Android.

Karena menjalankan sistem operasi Android, perangkat ini menawarkan fasilitas bawaan seperti Google Assistant dan Chromecast. Android TV juga menggunakan Google Play Store. 

Jika Anda masuk menggunakan akun yang sama seperti pada ponsel, akan dapat mengakses semua aplikasi dan langganan yang sudah Anda simpan. Hal ini menjadi nilai lebih, khususnya bagi pengguna ponsel Android, karena aplikasi di ponselnya dapat diakses pada perangkat televisi. 

Sumber: