Ini yang Mencolok dari Perbedaan Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi sampai Akses Playstore

Ini yang Mencolok dari Perbedaan Smart TV dan Android TV, dari Sistem Operasi sampai Akses Playstore

Ilustrasi perbedaan Smart TV dan Android TV yang wajib diketahui.-(Foto: Tangkapan Layar/Android)-

RADAR TEGAL - Mengintip perbedaan Smart TV dan Android TV yang paling menonjol agar Anda tidak salah pilih dalam menentukan perangkat televisi yang baik.

Selain perbedaan Smart TV dan Android TV, artikel ini juga telah merangkum keunggulan yang ditawarkan salah satu TV tersebut agar Anda lebih memahaminya.

Apa saja perbedaan Smart TV dan Android TV ini? Mari ikuti ulasan yang telah kami rangkum, simak tulisan ini sampai akhir agar tidak ketinggalan informasinya.

Seperti yang kita ketahui bersama, kemajuan teknologi telah membawa inovasi ke dalam dunia hiburan, salah satunya dengan munculnya Smart TV dan Android TV.

BACA JUGA: Harga Rp1 Jutaan, Inilah Kelebihan Smart TV CooCaa 32S5C yang Perlu Anda Ketahui

Namun, dari kemunculan perangkat TV tersebut terdapat spesifikasi yang berbeda-beda selain dari kesamaan yang dimilikinya.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas perbedaan yang dimiliki kedua TV tersebut dan membantu Anda dalam memilih perangkat hiburan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa sih perbedaan Smart TV dan Android TV?

Apa itu Smart TV?

Smart TV bukan sekadar televisi biasa, ini adalah perangkat canggih yang dilengkapi dengan kemampuan yang terhubung ke internet melalui koneksi Wifi.

Fungsi utamanya adalah memberikan Anda akses ke berbagai konten hiburan, mulai dari streaming film hingga menjelajahi situs web tertentu.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV CooCaa 32S5C Harga Rp1 Jutaan Layar 32 inch, Kualitas Terbaik

Selain itu, banyak Smart TV telah mengintegrasikan aplikasi populer, seperti Youtube, yang dapat diakses secara langsung melalui antarmuka TV.

Berbagai merek Smart TV juga menggunakan sistem operasi khusus, seperti Tizen pada Smart TV Samsung atau webOS pada Smart TV LG.

Apa itu Android TV?

Android TV dapat dianggap sebagai evolusi terbaru dari Smart TV. Meskipun tetap dilengkapi dengan koneksi Wifi, perbedaan utamanya terletak pada sistem operasinya.

Android TV menjalankan sistem operasi Android, yang mirip dengan yang digunakan pada perangkat ponsel pintar.

BACA JUGA: Spesifikasi Realme Smart TV Harga di Bawah 2 Jutaan, Simak Selengkapnya

Hal ini mempermudah Anda untuk mengakses Google Play Store dan menginstal berbagai aplikasi, memberikan fleksibilitas tak terbatas dalam dunia hiburan.

Apa keunggulan Android TV?

1. Akses ke Google Play Store

Salah satu keunggulan utama Android TV adalah kemampuannya untuk mengakses Google Play Store.

Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi, termasuk aplikasi hiburan dan game, yang memperluas pilihan hiburan di layar TV mereka.

2. Kemampuan Pemrograman Suara dengan Google Assistant

Android TV memberikan pengalaman interaktif melalui kemampuan pengendalian suara menggunakan Google Assistant.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV CooCaa 40S5 di Bawah 3 Jutaan, Layar 40 inch Jernih dan Halus

Dengan remote yang dilengkapi mikrofon, Anda dapat memberikan perintah suara untuk mencari konten, mengatur volume, atau bahkan mengendalikan perangkat pintar lainnya yang terhubung.

3. Pembaruan Sistem yang Rutin

Android TV dikenal karena mendapatkan pembaruan sistem secara rutin. Ini memastikan Anda selalu mendapatkan fitur terbaru, peningkatan keamanan, dan kinerja.

Pembaruan ini menjaga Android TV tetap relevan dan up-to-date dengan perkembangan terbaru di dunia teknologi.

Harga Terjangkau

Harga Smart TV termurah kini dapat ditemukan dalam kisaran 1 jutaan hingga 2 jutaan, tergantung pada spesifikasi tertentu.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV Samsung UA43 N5500 Layar 43 inch, Begini Keunggulan yang Ditawarkan

Ini memberikan peluang bagi banyak konsumen untuk merasakan kemewahan memiliki TV pintar tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Demikian perbedaan Smart TV dan Android TV yang wajib Anda ketahui agar tidak salah pilih dalam menentukan perangkat televisi, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: