6 Cara Ampuh Balas Pesan Debt Collector Pinjol Biar Kapok Tak Meneror Lagi

6 Cara Ampuh Balas Pesan Debt Collector Pinjol Biar Kapok Tak Meneror Lagi

Ilustrasi. Cara ampuh balas pesan debt collector pinjol --Freepik

RADAR TEGAL - Saat debitur mengalami telat pembayaran atau galbay pastinya akan ditagih dan teror secara terus menerus melalui telepon, pesan, email maupun lain sebagainya. Oleh karena itu Anda mesti tahu cara ampuh balas pesan debt collector pinjol.

 

Cara ampuh balas pesan debt collector pinjol ini tujuannya agar tidak menagih dan teror terus menerus. Dengan hal ini kemungkinan hidup Anda bisa lebih tenang dan tidak ada lagi pesan mengganggu.

 

Nah bagaimana sih cara ampuh balas pesan debt collector pinjol ini? Yang penasaran Anda mesti simak pembahasan artikel kali ini.

 

Karena artikel ini akan memberikan bocoran cara ampuh balas pesan debt collector pinjol. Jadi Anda mesti membacanya hingga tuntas supaya mengerti.

 

BACA JUGA:Tuman! Debt Collector yang Langgar Aturan Penagihan Nasabah Pinjol Bisa Didenda Rp15 Miliar

Cara ampuh balas pesan debt collector pinjol 

1.Pahami Hak Konsumen

Kenali hak dan perlindungan pada konsumen terkait pinjaman online. Pastikan debt collector melakukan penagihan sesuai dengan aturan yang berlaku dan Anda tidak diperlakukan secara melanggar hukum.

 

2. Komunikasi kondisi keuangan saat ini

 

Kemudian cara ampuh balas pesan debt collector pinjol selanjutnya Anda mesti komunikasikan secara jujur dengan kondisi keuangan saat ini. Sampaikan kesulitan yang dihadapi dan cari solusi bersama dengan pihak pinjaman online.

 

Dengan Anda terbuka dalam komunikasi ini dapat membantu mencari penyelesaian yang lebih baik.

 

3. Negosiasi jangka waktu pembayaran

 

Kemudian jika Anda mengalami telat pembayaran alangkah baiknya bicarakan dan negosiasikan untuk perpanjangan jangka waktu pembayaran. Karena jika kondisi Anda saat ini sedang mengalami kekurangan finansial bisa menjadi dasar untuk melakukan negosiasi agar pembayaran lebih sesuai dengan kemampuan.

BACA JUGA:4 Jenis Kredit yang Membuat BI Checking Rusak Selain Pinjol, Jangan Asal Ajukan di Luar Kemampuan

4. Gunakan media tertulis

 

Lalu cara ampuh balas pesan debt collector pinjol yakni gunakan media tertulis seperti surat atau email. Simpan semua bukti komunikasi Anda dengan debt collector pinjol untuk referensi di masa mendatang. 

 

Kuncinya hanya satu yakni komunikasikan dengan baik, terbuka, jujur yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah penagihan pinjol dengan lebih baik. Selain itu Anda mesti prioritaskan keselamatan finansial dan pahami hak serta kewajiban Anda sebagai konsumen. 

 

5. Tetap Sopan

 

Meskipun Anda merasa panik dan gelisah karena mendapatkan kiriman penagihan dari debt collector pinjol kuncinya adalah balas pesan tersebut dengan hormat dan sopan. Dengan Anda berkomunikasi secara baik- baik kepada debt collector maka akan menemukan solusi tepat bersama.

 

6. Jangan terlalu terbuka

 

Kemudian ini hal penting yang mesti Anda hindari yakni jangan terlalu terbuka saat memberikan informasi pribadi Anda kepada debt collector. Hindari memberikan rincian informasi pribadi Anda yang tidak berkaitan dengan hutang.

 

BACA JUGA:Gak Mau Data Pribadi Dicuri? Lakukan 3 Cara Menghapus NIK KTP di Pinjol Ini, Cepat dan Aman

Berikanlah informasi yang hanya diperlukan untuk memverifikasi hutang Anda.

 

Sebagai informasi tambahan  segeralah lakukan pembayaran tagihan di aplikasi pinjaman online sesuai dengan kesepakatan bersama. Ibarat kata berani hutang berani bertanggung jawab.

 

Dengan begitu hidup Anda lebih tenang dan tidak lagi mendapatkan ancaman teror pesan dari debt collector pinjol yang kerap menghantui kehidupan Anda. Namun jika Anda mengalami kesulitan bayar tagihan pinjol Anda mesti simak sedikit tips berikut ini :

1.Cari sumber tambahan pendapatan

 

Nah jika Anda mengalami kesulitan membayar hutang pinjol disarankan untuk mencari sumber tambahan pendapatan agar cepat membantu melunasinya. 

 

2.Pola hidup hemat

 

Kemudian tips selanjutnya Anda bisa mulai terapkan pola hidup hemat, misalnya bawa bekal ke kantor atau mengurangi nongkrong di kafe di luar dan lain sebagainya. 

 

3. Jangan gali lubang tutup lubang

 

Ini nih yang paling penting hindari gali lubang tutup lubang yang akan menambah hutang dan hidup makin tidak tenang. Jadi intinya hentikan kebiasaan mengambil pinjaman baru untuk membayar hutang pinjol yang lama.

BACA JUGA:Tuman! Debt Collector yang Langgar Aturan Penagihan Nasabah Pinjol Bisa Didenda Rp15 Miliar

 

Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai cara ampuh balas pesan debt collector pinjol. Semoga bermanfaat (*)

Sumber: