5 Cara Ampuh Bikin Debt Collector Pinjol Luluh, Bukan Karena Iba

5 Cara Ampuh Bikin Debt Collector Pinjol Luluh, Bukan Karena Iba

Ilustrasi. Cara ampuh bikin debt collector luluh--

RADAR TEGAL - Kedatangan debt collector pinjol ini bikin nasabah galbay was- was dan gelisah karena masih belum bisa membayar hutang.Meski demikian ternyata ada cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh yang mesti Anda tahu.

 

Cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh ini mesti Anda praktekkan. Dengan begitu mungkin hidup Anda jadi lebih tenang dan anti gelisah.

 

Lalu bagaimana sih cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya Anda mesti baca artikel ini hingga tuntas.

 

Karena di dalam artikel ini akan memberikan bocoran cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh. Nasabah galbay mesti praktekkan nih.

BACA JUGA:Selain Danacita, Ini 4 Pinjol Khusus untuk Mahasiswa dengan Beragam Keunggulan Bahkan Tanpa Bunga

Cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh

 

1.Selalu Angkat Telepon

 

Untuk yang pertama bocoran cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh yakni Anda selalu angkat telepon. Pasalnya pihak DC akan menghubungi Anda misalnya telat bayar maupun gagal bayar secara terus menerus dalam sehari, oleh karena itu alangkah baiknya angkat teleponnya.

 

2.Terima dengan baik

 

Kemudian jika debt collector lapangan datang ke rumah Anda terima dengan baik dan jangan malah menghindarinya. Pasalnya jika Anda menghindari justru semakin memperburuk situasi.

 

Karena tujuan debt collector lapangan ini hanya untuk menagih hutang secara baik- baik, oleh karena itulah terima kedatangan mereka dengan baik.

 

3. Tanyakan identitas, surat tugas dan sertifikasi debt collector

 

Lalu jika menerima kedatangan debt collector dengan baik maka alangkah baiknya tanyakan identitas, surat tugas dan sertifikasi debt collector terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya tidak ada unsur penipuan karena banyak kasus nasabah sudah melunasi hutang ternyata di kemudian hari tercatat masih memiliki hutang.

 

Jika mereka tidak mampu menunjukkan surat tugas resmi dan sertifikasinya maka Anda boleh mengabaikan saja.

BACA JUGA:6 Cara Terbebas dari Kejaran DC Lapangan, Dijamin Nasabah Gak Bakalan Kena Teror Lagi

4. Jelaskan kondisi keuangan Anda

 

Langkah selanjutnya jelaskan mengapa mengalami telat bayar tagihan pada pinjol dan jelaskan jika memang kondisi keuangan Anda masih belum stabil.Bersikap kooperatif dengan debt collector jika terdapat pertanyaan yang berhubungan dengan kesulitan pembayaran angsuran. 

Biasanya pihak debt collector akan memberikan rentang waktu untuk Anda membayar tagihan tersebut.

 

5. Lakukan pembayaran yang menunggak

 

Cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh selanjutnya lakukan pembayaran yang menunggak. Jika sudah menemukan solusinya dan Anda memiliki kemampuan untuk membayar tagihan, segera lakukan pembayaran yang menunggak beserta suku bunga dan denda jika ada.

 

Meskipun mengalami kendala telat bayar tagihan pinjol, tetap ikuti prosedur yang harus diikuti. Upayakan untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan tanpa tindakan kekerasan, karena kedua belah pihak sama- sama membutuhkan solusi yang tepat.

 

Sebagai informasi tambahan saat ini cara kerja debt collector lapangan sudah diatur oleh OJK dan jam kedatangan mereka ke rumah nasabah pun sudah ditetapkan. Jadi mereka tidak bisa melakukan tindakan hal yang kurang mengenakkan.

BACA JUGA:Galbay Pinjol tapi Tidak Ada Penagihan dari DC? Jangan Senang Dulu, Ini Sejumlah Alasannya

Seorang debt collector tidak boleh melakukan pemaksaan untuk menyita barang- barang milik debitur yang wanprestasi hanya boleh dilakukan atas putusan pengadilan. Karena hal ini ditegaskan dalam Pasal 362 Kitab Undang-Undang hukum pidana (KUHP) yang berbunyi:

 

“ Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah”

 

Demikian pembahasan artikel tentang cara ampuh bikin debt collector pinjol luluh. Semoga membantu (*)

Sumber: