Pelunasan Hutang Pinjol oleh OJK Cuma Hoax, tapi Nasabah Galbay Bisa Lakukan Hal Ini

Pelunasan Hutang Pinjol oleh OJK Cuma Hoax, tapi Nasabah Galbay Bisa Lakukan Hal Ini

Pelunasan hutang pinjol oleh OJK hoax-freepik-

RADAR TEGAL – Beberapa waktu lalu beredar soal bantuan pelunasan hutang pinjol oleh OJK. Namun, ternyata bantuan tersebut merupakan kabar palsu, karena OJK sendiri tidak ada memberikan program tersebut.

Kebenaran soal pelunasan hutang pinjol oleh OJK tersebut sudah dikonfirmasi langsung melalui akun Instagram resminya. Sebelumnya, ada informasi yang memberikan dokumen apa saja yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan bantuan ini.

Padahal, pelunasan hutang pinjol oleh OJK ini tidak pernah ada khususnya bagi kaum nasabah yang gagal bayar. OJK meminta agar para konsumen lebih berhati-hati untuk menerima informasi yang beredar.

Lantas bagaimana cara yang benar agar dapat keringanan bayar alih-alih kabar palsu soal pelunasan hutang pinjol oleh OJK? Simak pembahasan di bawah ini.

Pelunasan hutang pinjol oleh OJK hoax

OJK memang tidak pernah memberikan bantuan berupa pelunasan hutang pinjol. Namun, nasabah yang gagal bayar bisa mengajukan keringanan bayar atau restrukturisasi hutang kepada layanan pinjol yang bersangkutan.

BACA JUGA: Kenali 5 Tanda HP Diretas Setelah Install Aplikasi Pinjol Ilegal, Privasi Bisa Dikuras Habis

Restrukturisasi hutang merupakan kondisi hutang yang sudah ada agar jadi lebih ringan dibayarkan nantinya. Hal ini mencakup soal perubahan suku bunga, tenggat waktu bayar, maupun jumlah total keseluruhan yang harus dibayarkan.

Berdasarkan peraturan OJK Nomor 19/POJK.03/2022, cara agar dapat keringanan bayar hutang pinjol lewat restrukturisasi ini bisa dilakukan dengan keadaan tertentu, seperti :

- Terjadi perubahan kondisi ekonomi makro yang mempengaruhi pengguna dalam membayar hutang.

- Terjadi perubahan kondisi usaha atau keuangan pengguna yang mempengaruhi kemampuannya untuk membayar hutang.

- Terjadi perubahan kondisi hukum atau peraturan yang mempengaruhi kemampuan pengguna membayar hutang.

BACA JUGA: 3 Ancaman Pinjol Ilegal yang Pasti Dilakukan ke Nasabah Galbay, Bikin Hidup Gak Bakal Tenang

Proses dan syarat restrukturisasi hutang pinjol

Sumber: