Kenali 5 Tanda HP Diretas Setelah Install Aplikasi Pinjol Ilegal, Privasi Bisa Dikuras Habis

Kenali 5 Tanda HP Diretas Setelah Install Aplikasi Pinjol Ilegal, Privasi Bisa Dikuras Habis

5 tanda HP diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal-freepik-

RADAR TEGAL – Anda harus mengenali 5 tanda HP diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal. Hal ini akan berdampak pada privasi Anda yang bisa dicuri seluruhnya oleh oknum tidak bertanggung jawab.

HP bisa diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal akibat izin akses yang diberikan oleh pengguna. Mulai dari izin akses galeri, kontak, dan sebagainya yang jadi ‘pintu masuk’ oknum di balik layar mengambil data-data pribadi.

Maka dari itu Anda harus tahu tanda HP diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal, agar Anda tahu langkah tepat untuk mengatasinya. Selain itu agar nanti Anda tidak sembarangan lagi install aplikasi tertentu pada perangkat Anda.

Berikut 5 tanda HP diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal. Informasi ini juga berlaku jika semisal Anda melakukan install aplikasi tertentu selain pinjol di ponsel Anda, sebab ciri-ciri peretasannya juga mirip.

5 tanda HP diretas setelah install aplikasi pinjol ilegal

Ada ciri tertentu jika semisal HP diretas oleh pinjol ilegal. Sebagaimana yang diketahui, pinjaman online ilegal melakukan tindakan atau etika bisnis yang sering melanggar aturan hukum yang berlaku.

BACA JUGA : Mau Bayar Pinjol tapi Aplikasi Tidak Bisa Diakses? Atasi dengan 4 Cara Ini

1. Aplikasi pinjol lainnya yang tiba-tiba muncul

Jika semisal Anda hanya install 1 aplikasi pinjol, namun setelahnya ada beberapa aplikasi lain lagi ada di ponsel Anda, maka Anda harus waspada.

Tidak jarang seorang pengguna yang hanya install 1 aplikasi mendadak bertambah sendirinya, karena sudah diretas oleh oknum nakal. 

Entah itu untuk mencuri data pada ponsel, maupun mereka menggunakan data Anda untuk didaftarkan pada aplikasi pinjol yang lainnya. Segera hapus data cache aplikasi tersebut dan uninstall dari ponsel Anda.

2. Kuota internet berkurang 

Ciri HP diretas pinjol ilegal juga bisa dilihat dari kuota internet yang tiba-tiba berkurang sendirinya, sekalipun tidak Anda gunakan.

BACA JUGA : AFPI Ungkap 4 Praktik Penagihan Hutang DC Pinjol yang Bisa Dipenjarakan, Simak Selengkapnya

Sumber: