Jelang Pemilu, 18.974 Pemilih Pemula di Brebes Belum Melakukan Perekaman Gara-gara Ini

Jelang Pemilu, 18.974 Pemilih Pemula di Brebes Belum Melakukan Perekaman Gara-gara Ini

Petugas Disdukcapil Brebes melakukan perekaman terhadap pemilih pemula.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 18.974 pemilih pemula di Brebes hingga saat ini belum melakukan perekaman. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Brebes terus melakukan perekaman di tiap sekolah yang ada di Kabupaten Brebes.

Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Brebes Gunarso menyampaikan, total di Kabupaten Brebes ada 56.333 pemula. Pemilih pemula di Brebes ini, kata dia, merupakan pemilih yang usianya 17 tahun saat waktu Pemilu yaitu pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kalau pemilih pemula di Brebes ada 56.333 pemilih. Yang sudah melakukan perekaman sebanyak 36.989 orang dan yang belum perekaman 18.974 pemilih," ujarnya, Senin 15 Januari 2024.

Selain pemilih pemula di Brebes, kata dia, pemilih yang di atas 18 tahun usianya masih banyak yang belum melakukan perekaman. Yaitu, sesuai data dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebanyak 18.981 pemilih. Sedangkan yang sudah merekam sesuai data dari DP4 sebanyak 1.448.023 orang.

BACA JUGA: Jemput Bola, Disdukcapil Lakukan Perekaman Pemilih Pemula di Kota Tegal Usia 16 Tahun

"Berbagai upaya telah kami lakukan dalam melakukan perekaman bagi warga yang belum melakukan perekaman," jelasnya.

Salah satu upayanya, lanjutnya, pihaknya telah melakukan perekaman terhadap pemilih pemula di Brebes pada beberapa sekolah. Selain itu, pihaknya juga membuka layanan perekaman di tiap kecamatan pada hari libur (Sabtu, Red).

"Jadi kami harap pihak sekolah juga bisa mensosialisasikan ke siswa. Sehingga, proses perekaman bagi pemilih pemula bisa berjalan lancar," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga telah berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Cabang Provinsi Jateng terkait prekaman bagi pemilih pemula di Brebes.

BACA JUGA: Pemilu Kurang dari 2 Bulan, 33.126 Pemilih Pemula di Brebes Belum Rekam KTP-el

"Dan untuk masyarakat umum yang belum melakukan perekaman, kami mengimbau untuk dapat datang ke layanan adminduk di tiap kecamatan. Sehingga, bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu nanti," pungkasnya.

Demikian informasi terkait perekaman pemilih pemula di Brebes. Semoga hal ini segera tertangani. (*)

Sumber: