Pemilu Kurang dari 2 Bulan, 33.126 Pemilih Pemula di Brebes Belum Rekam KTP-el

Pemilu Kurang dari 2 Bulan, 33.126 Pemilih Pemula di Brebes Belum Rekam KTP-el

PEREKAMAN - Proses perekaman KTP-el kepada para pemilih pemula di Kabupaten Brebes, semakin diintensifkan menjelang coblosan Pemilu 2024.--

RADAR TEGAL - Puluhan ribu pemilih pemula di Kabupaten Brebes masih belum melakukan perekaman KTP-el. Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pemilih pemula mencapai 33.126 jiwa. 

Jika belum bisa melakukan perekaman hingga Pemilu pada 14 Februari 2024, pemilih pemula terancam tidak bisa mencoblos. Mereka mayoritas pelajar setingkat SMA dan masuk dalam kelompok pemilih Gen Z yang lahir mulai tahun 1995 hingga 2000-an. 

Data dari Disdukcapil Brebes menyebut, per 12 Desember 2023, masih ada sekitar 33.126 pemilih pemula yang belum rekam KTP-el dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Sedangkan data awal pemilih pemula yang masuk DPT mencapai 56.333 pemilih. Sejak penetapan DPT pada 21 Juli 2023, pemilih pemula yang baru rekam KTP-el hanya 23.027 pemilih. 

"Data capil itu kan dinamis. Setiap hari berubah. Tapi data per 12 Desember kemarin, sisa pemilih pemula yang belum rekam KTP-el ada 33.126 jiwa. Sedangkan yang sudah rekam itu ada 23.027 jiwa dari total pemilih pemula sebanyak 56.333 jiwa," kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Dindukcapil Brebes, Eko Setiawan, Kamis 21 Desember 2023.

Eko menyebut, banyaknya jumlah calon pemilih pemula yang belum rekam KTP-el membuat petugas Dindukcapil Brebes melakukan jemput bola dalam melakukan perekaman KTP-el. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah tingkat SMA di Kabupaten Brebes agar siswa-siswa yang terdata sebagai pemilih pemula melakukan perekaman di masing-masing kantor kecamatan. 

"Karenanya, bagi pelajar yang belum melakukan perekaman agar melakukan perekaman di kecamatan-kecamatan setempat. Kami juga sudah mempersiapkan peralatan dan petugas untuk melakukan perekaman. Kami targetkan di bulan Januari perekaman sudah selesai semua," imbuhnya.

Eko melanjutkan, pihaknya sudah melakukan perekaman dengan jemput bola di sekolah-sekolah sebelum liburan. Namun pada perekaman kepada pemilih pemula menemui kendala terkait antusiasme siswa untuk melakukan perekaman.

Sehingga sampai akhir tahun ini masih tersisa cukup banyak, yaitu 33.126 jiwa pemilih pemula yang belun rekam KTP-el. "Dalam liburan sekolah ini siswa telah diberi tugas oleh sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el di masing-masing kantor kecamatan," pungkasnya.

Demikian informasi tentang 33.126 pemilih pemula di Brebes belum rekam KTP-el. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: