5 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Menghubungi Kontak Darurat saat Gagal Bayar Tunggakan

5 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Menghubungi Kontak Darurat saat Gagal Bayar Tunggakan

5 cara mengatasi DC pinjol yang menghubungi kontak darurat-freepik-

Jelaskan secara jujur kondisi keuangan Anda saat ini yang membuat Anda galbay. Anda bisa meminta keringanan pembayaran atau membuat kesepakatan tertentu, agar pihak pinjol tidak lagi menghubungi kontak darurat Anda.

3. Simpan bukti komunikasi

Cara membuat DC pinjol berhenti menghubungi kontak darurat, yaitu menyimpan bukti komunikasi. Apalagi jika Anda dan mereka membuat kesepakatan tertentu, agar nantinya tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau ditipu.

Selain itu, siapa tahu selama komunikasi tersebut pihak DC pinjol ada menggunakan kata-kata tidak pantas, nanti bisa jadi bukti untuk melaporkan kepada OJK.

4. Pahami hak Anda selaku nasabah

Cara mengatasi DC pinjol yang menghubungi kontak darurat selanjutnya memahami hak Anda. Meski galbay, Anda selaku nasabah pinjol legal juga memiliki hak tertentu untuk mendapatkan perlindungan dari praktik penagihan hutang DC pinjol legal yang tidak etis. 

BACA JUGA : DC Pinjol Tidak Boleh Datangi Rumah Nasabah Galbay Sebelum Lewati 3 Tahapan Ini

Jika sampai ada pelanggaran yang dilakukan oleh DC pinjol, seperti menggunakan kekerasan, mengancam, apalagi sampai menyebarkan data pribadi, maka Anda bisa laporkan ke otoritas berwajib.

5. Melaporkannya

Cara membuat DC pinjol berhenti menghubungi kontak darurat yaitu melaporkannya jika memang ada pelanggaran yang dilakukan. 

Perlu Anda tahu, pinjol hanya boleh menghubungi kontak darurat hanya untuk menanyakan keberadaan nasabah terkait, bukan untuk meminta uang untuk pelunasan hutang. 

Jika ada DC pinjol yang menagih hutang ke kontak darurat, maka itu sudah termasuk pelanggaran dan bisa dilaporkan ke OJK.

Kesimpulan

Cara hadapi DC pinjol legal yang mengontak kontak darurat ini bisa Anda lakukan sesuai poin-poin tadi. Perlu Anda ingat sekali lagi, DC pinjol hanya boleh mengontak kontak darurat untuk menanyakan keberadaan nasabah yang bersangkutan.

BACA JUGA : 5 Cara Lunasi Pinjol yang Gajinya UMK agar Skor Kredit Tetap Aman dan Tidak Diteror

Sumber: