Jenis-jenis AC Sesuai Kebutuhan Hunian, Kedepankan Faktor Kegunaannya Jangan sampai Salah Pilih

Jenis-jenis AC Sesuai Kebutuhan Hunian, Kedepankan Faktor Kegunaannya Jangan sampai Salah Pilih

ILUSTRASI - Jenis-jenis AC Sesuai Kebutuhan--(sumber foto pinterest)

Jenis-jenis AC sesuai kebutuhan untuk rumah dengan ruangan kecil maupun kantor, dapat menggunakan AC jenis split yang populer di Indonesia. Apabila hanya perlu mendinginkan ruangan yang tidak terlalu luas, AC split dapat menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa memiliki banyak unit AC split dalam ruangan yang terhubung ke satu unit pembuangan eksternal, sebagai salah satu jenis-jenis AC sesuai kebutuhan. Setiap unit indoor memiliki kontrolnya sendiri, jadi Anda bisa menjaga setiap ruangan pada suhu yang Anda inginkan.

BACA JUGA: 4 Pilihan AC Murah Low Watt Tahun 2024 dan Keunggulannya, Ternyata Bisa Lebih Baik dari Jenis Inverter?

4. Smart AC

Smart Air Conditioner atau AC pintar ini umumnya dapat terhubung ke internet, Wi-Fi, dan bisa dikendalikan melalui aplikasi. Smart AC hadir dalam bentuk AC split. Fungsi 'pintar' pada Smart AC ini bervariasi tergantung pada merek dan modelnya. Fitur-fitur smart ini biasanya kontrol suhu, jadwal operasi mingguan dan mode khusus lain.

Ada beberapa fitur Smart Air Conditioner yang dapat membantu Anda beraktivitas lebih nyaman di rumah, serta menghemat konsumsi listrik. AC pintar mungkin lebih mahal daripada AC split konvensional, namun pada dalam penggunaan jangka panjang bisa menghemat listrik dan bujet bulanan.

5. AC Standing

Jenis-jenis AC sesuai kebutuhan untuk berikutnya yaitu Jenis AC standing dengan pemasangan di lantai dapat digunakan di ruangan yang relatif kecil. AC ini biasanya mempunyai unit indoor yang berada di dalam ruangan. AC jenis standing ini juga ideal untuk ruangan loteng dengan dinding miring atau ruangan non-konvensional lainnya.

Unit eksternal untuk AC standing dapat dipasang tanpa saluran yang ekstensif atau banyak persiapan. Jenis AC standing ini relatif mudah dalam segi perawatan sehingga Anda dapat membersihkan filter AC sendiri. Hal ini membuat AC standing pilihan terbaik untuk orang yang memiliki masalah pernapasan.

6. AC Window

Jenis AC window merupakan jenis AC dengan sistem pendingin ruangan yang dapat ditempatkan di bingkai jendela.  AC jenis window penggunaannya yang sering dipakai di apartemen dengan tipe studio.

AC window bekerja dengan menarik udara hangat dan menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan. Dengan cara ini, AC window cukup efektif untuk mendinginkan ruangan kecil.

BACA JUGA: 4 Keunggulan dan Keuntungan AC Inverter yang Memang Harus Kamu Pilih, Mulai dari Hemat Listrikdan Tidak Bising

Kesimpulan

Demikian dengan kebutuhan penyejuk udara yang berbeda-beda, di atas dapat menjadi referensi Anda dalam memilih jenis-jenis AC sesuai kebutuhan dengan tepat. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: