7 Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

7 Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

7 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya--

Freon merupakan zat untuk mendinginkan udara yang berasal dari luar AC. Zat tersebut harus diubah menjadi cair agar bisa digunakan.

Kebocoran yang terjadi pada freon membuat bagian dalam AC membeku dan menghasilkan angin yang panas. Masalah ini harus cepat ditangani, karena jika tidak maka akan membuat bongkahan es mencair dan menyebabkan AC bocor.

4. Filter AC Kotor dan Tersumbat

Filter AC yang kotor dan tersumbat menjadi penyebab utama dari kebocoran AC. Filter AC memiliki tugas untuk memastikan udara yang dihasilkan tetap bersih.

Filter yang tersumbat dan kotor membuat aliran udara yang masuk berkurang, hingga suhu evaporator menjadi turun dan membeku. Ketika dimatikan, es pada evaporator akan mencair dan saluran pembuangan tidak bisa menampung.

Hal inilah yang nantinya menyebabkan kebocoran pada AC. Jadi, pastikan jika filter AC tidak kotor dan tersumbat.

BACA JUGA: Rekomendasi AC 1/2 PK Low Watt Terbaik dengan Harga Murah dan Ramah Lingkungan

5. Saluran Pembuangan yang Berlumut

Saluran pembuangan biasanya dipasang pada tembok bagian dalam dan luar ruangan karena digunakan untuk menyalurkan sisa air dalam AC. Bagian ini menjadi tempat yang tepat untuk lumut karena perbedaan suhu air dan udara yang ada di sekitarnya.

Lumut akan dengan mudah tumbuh pada saluran pembuangan jika pipa tidak diganti dengan rutin. Hal ini dapat menyumbat dan membuat air dari AC keluar dan menyebabkan kebocoran.

6. Tetesan Air di Celah AC

Air yang keluar dari celah AC juga bisa menyebabkan kebocoran AC. Apalagi kecilnya celah AC akan membuat orang kesulitan untuk menemukan sumber dari tetesan tersebut.

Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti faktor yang sudah dijelaskan diatas atau bahkan masalah lain yang ada pada AC.

BACA JUGA: Daftar Harga AC 1 PK Terbaru 2024 dengan Fitur Canggih dan Low Watt

7. Koil Kondensor Rusak

Sumber: