Pengertian dan Syarat Pengajuan KUR BRI 2024, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Pengertian dan Syarat Pengajuan KUR BRI 2024, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

MUDAH - Syarat Pengajuan KUR BRI 2024 jangan sampai salah--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Perekonomian Indonesia yang kini semakin berkembang secara positif, adalah dampak dari adanya UMKM. Para pelaku UMKM dapat mempunyai modal salah satunya dari KUR BRI, berikut artikel yang akan membahas tentang syarat pengajuan KUR BRI 2024.

Pengertian KUR BRI yang sesuai dengan kepanjangannya yaitu program kredit usaha rakyat. Adalah program yang bertujuan menunjang keberhasilan dari pelaku UMKM seperti meminjamkan sejumlah modal untuk usahanya.

Lebih lanjut, tentunya dalam peminjaman modal tersebut terdapat syarat pengajuan KUR BRI 2024. Karenanya, simak artikel berikut ini.

Syarat pengajuan KUR BRI 2024 akan dijelaskan pada artikel ini. Tujuannya untuk menginformasikan kepada Anda yang mungkin tidak tahu menahu mengenai berkas apa saja yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Setelah 2023 Sukses, Apakah Akan Ada KUR BRI 2024? Pinjaman Tanpa Agunan Favorit Pelaku UMKM

Sebab itu baiknya Anda sebagai individu yang baru menjadi salah satu pelaku UMKM dan membutuhkan modal. Simak artikel berikut tentang syarat pengajuan KUR BRI 2024.

KUR BRI adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian Indonesia semakin maju. KUR pertama kali diresmikan pada tahun 2007, tepatnya tanggal 5 November 2007.

Di mana pembiayaan yang disalurkan bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan penyalur KUR, diantaranya Bank Rakyat Indonesia.

Syarat pengajuan KUR BRI 2024, sebagai berikut:

1. Usia 21 Tahun atau Sudah Menikah

Catat ya, usia sebagai salah satu syarat pengajuan KUR 2024 yaitu sudah berulang tahun ke 21 saat pengajuan. Sebab 21 tahun adalah batas usia minimal untuk pengajuan modal pada program KUR BRI. Tambahan, adanya pengecualian dalam batas usia minimal.

BACA JUGA: Setelah 2023 Sukses, Apakah Akan Ada KUR BRI 2024? Pinjaman Tanpa Agunan Favorit Pelaku UMKM

Seseorang yang akan mengajukan modal UMKM pada KUR BRI namun masih belum berusia 21 tahun, boleh saja. Asalkan sudah menikah atau berumah tangga pada saat pengajuan.

2. Memiliki UMKM

Syarat pengajuan KUR BRI 2024 yang terpenting, tentunya sedang mempunyai usaha atau akan melakukan usaha (UMKM). Sesuai dengan tujuan program tersebut yang berdiri untuk menunjang para pelaku UMKM, yang berdampak pada kemudahan mempunyai usaha sendiri.

Sehingga dari situ perekonomian Indonesia dapat berkembang secara positif ke arah yang lebih baik.

3. Limit Pinjaman

Dalam suatu pengajuan pinjaman dana tentunya terdapat batas pengajuan. Sebab untuk KUR BRI sendiri mempunyai limit atau batas maksimal pengajuan hingga Rp50 juta per orangnya. Jadi, perlu diingat saat melakukan pengajuan modal tidak boleh lebih dari nominal tersebut.

BACA JUGA: KUR BRI Tanpa Jaminan Bisa Cair Rp50 Juta? Berikut Syarat, Cara Pengajuan dan Simulasi Angsurannya

4. Keperluan Berkas

Syarat pengajuan KUR BRI 2024 selanjutnya adalah kelengkapan dokumen atau berkas. Di mana berkas tersebut akan digunakan untuk segala kebutuhan verifikasi, bahwa Anda tercatat sebagai penduduk Indonesia yang akan atau sedang melakukan UMKM.

Berkas yang perlu dipersiapkan yaitu seperti Fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan, serta tempat usaha yang akan disurvei oleh TIM KUR BRI.

Kesimpulan

Demikian beberapa syarat pengajuan KUR BRI 2024 sebagai informasi sebelum Anda melakukan pengajuan. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: