Setelah 2023 Sukses, Apakah Akan Ada KUR BRI 2024? Pinjaman Tanpa Agunan Favorit Pelaku UMKM

Setelah 2023 Sukses, Apakah Akan Ada KUR BRI 2024? Pinjaman Tanpa Agunan Favorit Pelaku UMKM

MODAL USAHA - Para pelaku UMKM dan pengusaha kecil lainnya masih menunggu kepastian KUR BRI 2024, sebagai kelanjutan kredit bunga rendah yang sama di tahun 2023 lalu. --

RADAR TEGAL - Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan. Lalu apakah akan ada alokasi KUR BRI 2024?

Kenapa KUR BRI 2024? Karena salah satu perbankan BUMN itu mempunyai jangkauan paling luas hingga ke pelosok-pelosok desa.

Sehingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), relatif lebih familiar dengan keberadaannya. Apalagi BRI selalu menjadi salah satu lembaga penyalur KUR 2024, sebagaimana pada tahun 2023 lalu.

Program KUR bertujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha, dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Jika alokasi pafda 2023 sudah mulai membuka pendaftaran aplikasinya 6 Maret 2023, bisa jadi KUR BRI 2024 pun tidak jauh berbeda di tanggal tersebut.

Nah, bagi Anda utamanya pelaku UMKM yang Ingin mendapatkan pinjaman bunga rendah dan tanpa jaminan, silakan baca artikel ini sampai tuntas. Karena dalam artikel ini akan mengulas detail tentang alokasinya tahun lalu sebagai perbandingan untuk tahun 2024 ini.

Yang jelas alokasi KUR yang sudah pemerintah anggarkan, terbuka untuk siapapun dan memberikan kemudahan untuk memperoleh pendanaan. Nah, KUR adalah program pinjaman yang BRI untuk mendukung pengusaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usaha mereka.

Bunga rendah tanpa jaminan

Program KUR ini memberikan pinjaman dengan bunga rendah dan tanpa jaminan. Sehingga memudahkan para pengusaha untuk memperoleh pendanaan yang mereka butuhkan.

KUR BRI terbukti sukses membantu banyak pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha. Di antaranya pertanian, perkebunan, wisata perkotaan, dan lain-lain.

Dengan mengajukan KUR BRI 2024 nantinya, terdapat sejumlah keuntungan, seperti bunga rendah yang membuat cicilan pinjamannya lebih terjangkau. Fasilitas ini tentu saja sangat membantu mengurangi beban biaya dan meningkatkan daya saing usaha.

KUR BRI adalah pinjaman tanpa jaminan, sehingga pengusaha dapat mengajukan kredit tanpa harus memberikan jaminan. Selain itu, pencairannya pun terbilang cepat prosesnya.

Sebelumnya di tahu 2023, BRI menyatakan siap untuk mencairkan dana Rp10-50 juta dalam waktu 2 hari, setelah pengajuan nasabah disetujui bank. Bunga KURsebesar 6 persen untuk pengajuan KUR Mikro Rp10-50 juta. Sedangkan jangka waktu angsurannya antara 1-3 tahun (KMK) dan 1-5 tahun (KI).

Alokasi KUR BRI 2023 lalu adalah sebesar Rp270 triliun. Khusus tahap awal pencairan pada bulan Maret 2023, telah teralokasikan KUR sebanyak Rp12 triliun.

Sesuai ketentuan dari pemerintah, terdapat perbedaan ketentuan dalam penyaluran KUR 2023 dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan antusiasme masyarakat mendapatkan KUR sangat tinggi.

Sumber: