Jangan Terkecoh dengan Perbedaan Air Fryer dan Oven, Pilih Mana yang Lebih Multifungsi dan Sehat

Jangan Terkecoh dengan Perbedaan Air Fryer dan Oven, Pilih Mana yang Lebih Multifungsi dan Sehat

Perbedaan Air Fryer dan Oven, Mana yang Lebih Multifungsi--

RADAR TEGAL – Perbedaan air fryer dan oven sebenarnya mempunyai fungsi dasar yang serupa, yaitu memanggang dan membakar makanan. Namun, air fryer memiliki keunggulan multifungsi karena mampu melakukan proses lain seperti menggoreng makanan.

Kamu harus tahu apa saja perbedaan air fryer dan oven Air fryer agar bisa mengunakan kedua alat bantu masak tersebut sesuai kebutuhan kamu. Apalagi kedua alat masak tersebut sama-sama mempunyai fungsi untuk mempermudah proses memasak.

Dengan mengetahui perbedaan air fryer dan oven, kamu bisa dengan mudah memilih alat bantu memasak mana yang bisa kamu gunakan untuk memasak. Karena memang sebenarnya kedua alat tersebut mempunyai perbedaan tersendiri.

Perbedaan air fryer dan vven

Air fryer dirancang untuk memasak makanan dengan cepat melalui sirkulasi panas yang efisien di dalam mesin. Proses tersebut memastikan panas terdistribusi merata sehingga makanan matang dengan sempurna.

BACA JUGA: Resiko Memasak dengan Air Fryer yang Jarang Diketahui, Benarkah Memunculkan Senyawa Berbahaya?

Mesin air fryer akan mempertahankan daya maksimal selama proses memasak berlangsung dengan daya yang diambil dari penggunaan listrik. Sementara itu, oven bekerja dengan prinsip yang berbeda, dimana oven menggunakan termostat untuk mengontrol suhu dan menahan panas di dalam ruang pembakaran.

Ketika suhu mencapai tingkat yang diinginkan, termostat akan mengatur agar panas tetap konsisten. Walaupun dalam penggunaannya, oven juga mendapatkan proses panas yang sama dari aliran daya listrik.

Air fryer dapat menjadi pilihan yang lebih cepat dan efisien dalam memasak, terutama untuk penggorengan tanpa minyak. Sementara oven tetap menjadi alat yang handal untuk memanggang dan membakar dengan hasil yang lebih maksimal.

Ringkasnya, air fryer dengan beberapa fungsi lain selain memanggang dan membakar bisa digunakan juga untuk menggoreng tanpa minyak. Sedangkan oven hanya bisa digunakan untuk memanggang dan membakar saja tidak mempunyai fungsi untuk menggoreng.

BACA JUGA: Perhatikan 7 Cara Mudah Membersihkan Air Fryer! Tidak Butuh Waktu Lama lho

Agar lebih jelas simak berikut ini detail perbedaan kedua alat bantu memasak tersebut :

1. Bentuk dan Ukuran

Oven umumnya memiliki ukuran persegi panjang yang besar dan membutuhkan ruang yang cukup lega di dapur. Sementara air fryer memiliki ukuran yang lebih kecil dan compact, memudahkan penggunaan dan penyimpanan di berbagai ruang dapur.

2. Kapasitas

Oven memiliki kapasitas yang besar, memungkinkan kamu untuk memasak atau memanggang dalam jumlah besar. Sedangkan air fryer memiliki kapasitas yang lebih kecil, dirancang untuk memasak dalam porsi yang lebih sedikit.

3. Sumber Panas

Untuk air fryer dan oven sama-sama menggunakan kawat pemanas untuk memanaskan udara di dalamnya. Air fryer memiliki teknologi yang mempercepat proses pemanasan, sementara oven cenderung memerlukan waktu lebih lama untuk dipanaskan sebelum digunakan.

4. Fungsi

Air fryer dikhususkan untuk menggoreng dengan sedikit atau tanpa minyak, menjadikannya pilihan lebih sehat untuk proses penggorengan. Kemudian oven memiliki fleksibilitas lebih besar dengan berbagai teknik memasak seperti grilling, roasting, toasting, dan baking.

BACA JUGA: Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Sebaiknya Hindari Melakukan Hal Ini

5. Hasil Masakan

Air fryer dapat membuat makanan menjadi lebih renyah dengan proses pemanasan atau penggorengan panas yang lebih merata. Sementara oven tidak secepat air fryer dalam memasak makanan, tetapi mampu memasak karena prosesnya yang memastikan masakan matang sempurna.

6. Cara Membersihkan

Air fryer memerlukan pembersihan yang lebih cermat, terutama pada bagian dalamnya. Sedangkan oven memerlukan perawatan yang lebih sederhana, kamu cukup membersihkan bagian loyangnya dengan air hangat dan lap kering.

Nah, itulah perbedaan oven dan air fryer yang wajib kamu ketahui sebelum membelinya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: