Nomor Telepon Dijadikan Kontak Darurat Pinjol? Ini Cara Mengatasi Jika Terlanjur Dihubungi

Nomor Telepon Dijadikan Kontak Darurat Pinjol? Ini Cara Mengatasi Jika Terlanjur Dihubungi

Ilustrasi nomor kontak darurat pinjol.--

RADAR TEGAL - Debt collector akan menghubungi nomor telepon kontak darurat pinjol jika peminjam tidak melunasi hutang yang telah disepakati. Pengalaman tidak menyenangkan ini mungkin pernah dialami beberapa orang dari kalian.

Selain itu, menghubungi nomor telepon kontak darurat pinjol jadi alasan untuk mengancam agar peminjam mau membayar hutangnya. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang meresahkan nasabah.

Namun, siapa sangka jika nomor telepon kontak darurat pinjol bisa ditaruh nomer siapa saja yang diinginkan peminjam untuk syarat uang cair. Bisa jadi, nomer kita pun diambil orang lain yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama kita.

Sayangnya, sebagian nomor telepon kontak darurat pinjol bisa tidak mengetahui jika dirinya menjadi kontak yang akan dihubungi jika terjadi terlambat bayar. Sehingga mereka jadi kaget saat dihubungi debt collector.

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi wajah 2023 Limit Tinggi, Sudah Terdaftar OJK

Jika hal tersebut terjadi, tidak perlu panik dan bingung mengatasinya. Sebab DC pinjol tidak boleh asal dalam menghubungi nomor darurat.

Gagal bayar pinjol sangat banyak risiko yang bisa terjadi, terlebih jika dapat pinjaman ilegal yang berbahaya. Risiko galbay yang harus dihadapi peminjam antara lain telepon teror, DC ke rumah, dan BI Checking menjadi buruk.

Sebab dalam waktu 90 hari, pihak pinjaman online akan melaporkan data diri peminjam yang gagal bayar. Hal itu berakibat pada SLIK OJK menjadi buruk.

Terlebih saat ini, ada beberapa lowongan kerja yang mengecek BI Checking untuk keamanan. Maka perhatikanlah kerugian jika melakukan galbay.

BACA JUGA:Bahaya Galbay Pinjol Bisa Bikin Barang Disita DC Lapangan? Ini Waktu Kedatangan Debt Collector

Bukan hanya berdampak buruk untuk nasabah sendiri. Namun bisa merugikan kontak darurat uang dicantumkan saat pengajuan pinjaman.

DC pinjol pun akan menghubungi kontak yang dicantumkan jika tidak mendapat respon dari peminjam. Bahkan mereka akan terus mengejar kontak darurat tersebut sampai mendapatkan komunikasi dari nasabah pinjol.

Banyak yang mengeluhkan bahwa nomor pribadi menjadi kontak darurat nasabah pinjol yang tidak bertanggungjawab.

Padahal OJK telah memberikan aturan bahwa DC pinjol tidak boleh hubungi kontak darurat peminjam yang melakukan galbay. galbay. 

Sumber: