Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan yang Harus Diwaspadai, Benarkah Bisa Memicu Kanker?

Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan yang Harus Diwaspadai, Benarkah Bisa Memicu Kanker?

Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan--

Selanjutnya yaitu beresiko mengalami keracunan makanan. Salmonella merupakan bakteri pemicu keracunan makanan yang sering ditemui.

Terdapat beberapa cara memasak yang dibandingkan untuk menghilangkan salmonella pada potongan ayam. Beberapa cara memasak tersebut diuji coba, yaitu air fryer, menggoreng dengan minyak panas, oven pemanggang roti, dan oven biasa.

Dari uji coba ini diketahui bahwa memasak dengan menggunakan air fryer dan oven menjadi metode yang buruk untuk menghilangkan salmonella. Justru menggoreng dengan menggunakan minyak panas lebih efektif dalam mematikan bakteri tersebut.

3. Air Fryer Tidak Menjamin Makanan Menjadi Lebih Sehat

Bahaya air fryer untuk kesehatan selanjutnya yaitu karena produk ini tidak menjamin makanan akan menjadi lebih sehat. Meskipun makanan yang diolah dengan air fryer akan lebih sehat daripada yang digoreng dengan minyak, membatasi makanan yang digoreng itu diperlukan.

BACA JUGA:Tips Memilih Air Fryer Watt Rendah Supaya Mendapatkan Kualitas Terbaik, Tidak Perlu Bingung Lagi

Memasak menggunakan air fryer juga memerlukan waktu yang lebih lama daripada menggoreng dengan minyak. Namun, mengganti semua makanan yang digoreng dengan minyak menjadi menggunakan air fryer tidak menjamin pola makan yang sehat.

Untuk kesehatan yang lebih optimal, kamu harus perbanyak memakan sayuran dan buah-buahan. Selain itu juga bisa memperbanyak biji-biian hingga protein dan lemak.

4. Tidak Menjamin Kesehatan

Meskipun dikatakan bahwa air fryer dapat membuat makanan menjadi lebih sehat daripada yang digoreng. Perlu diingat jika makanan yang digoreng tetap makanan digoreng.

Jika kamu terlalu sering memakai air fryer untuk mengolah makanan, pasti akan ada efek kesehatan yang terjadi. Karena itu, perlu untuk diatur mengenai mengolah makanan, seperti membuat makanan yang direbus.

BACA JUGA:6 Cara Membersihkan Air Fryer Supaya Awet, Dijamin Noda Minyak Hempas Seketika

Selain itu, kandungan kimia yang ada pada air fryer juga dapat menghambat metabolisme dalam tubuh. Dan makanan yang digoreng dengan menggunakan air fryer tidak menjamin diet anda akan sukses.

Itulah beberapa bahaya air fryer untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Jika seperti ini, maka sudah seharusnya kamu lebih waspada tentang penggunakan air fryer.

Jadi, meskipun air fryer memberikan kemudahan dalam memasak tanpa menggunakan minyak goreng. Tetap ada bahaya yang mengintai jika digunakan secara terus menerus.

Sumber: