Gempa Sumedang 31 Desember Rusak 138 Rumah, 4 Fasilitas Pendidikan dan 1 Kesehatan

Gempa Sumedang 31 Desember Rusak 138 Rumah, 4 Fasilitas Pendidikan dan 1 Kesehatan

RETAK - Twin tunnel Tol Cisumdawu mengalami retak pasca gempa Sumedang, 31 Desember 2023.--radartasiktv.disway.id

RADAR TEGAL- Gempa Sumedang yang terjadi 31  Desember 2023 malam kemarin membuat heboh warga. Pasalnya, bencana itu terjadi menjelang pergantian tahun 2023 ke 2024.

Terbaru, BPBD Provinsi Jawa Barat merilis info grafis terkait dampak gempa Sumedang 31 Desember 2023. Diketahui, gempa tersebut merusak 138 rumah, 4 fasilitas pendidikan dan 1 kesehatan.

Gempa Sumedang 31 Desember bermagnitudo 4.8 terjadi sekitar pukul 20.34 Wib malam. Pusat gempa Sumedang berada di darat sekitar 2 km Timur Laut Kabupaten Sumedang atau di titik 6.85 LS dan 107.94 BT.

Guncangan gempa sendiri dirasakan hingga ke wilayah Bandung dan Kabupaten Garut. Gempa Sumedang 31 Desember terjadi di kedalaman 5 km. 

BACA JUGA:Gempa Tegal-Brebes Rusak 11 Rumah, PLN Gerak Cepat Amankan Kelistrikan Warga

Getarannya dirasakan hampir di seluruh wilayah Sumedang serta beberapa wilayah Kabupaten Bandung. Korban dari gempa Sumedang 31 Desember sebanyak 3 orang. Mereka turut menjadi korban dan mengalami luka ringan.

Dalam info grafis tersebut, BPBD Provinsi Jawa Barat juga menyampaikan sedang terus mendata kerusakan akibat gempa tersebut.

"Untuk masyarakat sementara melakukan pengungsian mandiri," beber info tersebut.

Dikutip dari Radartasiktv.disway.id, gempa juga merusak 1 fasilitas kesehatan dan 1 rumah warga di Kabupaten Bandung. Gempa bumi Sumedang 31 Desember yang bertepatan menjelang pergantian akhir tahun, berpengaruh juga terhadap animo merayakan tahun baru.

BACA JUGA:Tiga Gempa Susulan Terdeteksi Usai Gempa Magnitudo 4.5 Guncang Tegal Jumat Malam

Tepat pukul 00:00 WIB atau hari perdana tahun 2024, tidak begitu meriah sambutan pesta kembang api. Warga Sumedang lebih memilih tidak keluar rumah. Berkumpul bersama keluarga berjaga antisipasi karena risau ada gempa susulan. 

Tembok Twin Tunnel Tol Cisumdawu retak

Sementara itu, gempa Sumedang 31 Desember diketahui menimbulkan tiga retakan vertikal di bagian sisi tembok twin  tunnel Tol Cisumdawu.

“Izin Prabu 00 Zebra 04 melaporkan situasi terkini pasca terjadinya gempa. Untuk twin tunnel terdapat sedikit keretakan pada dinding. Terpantau ada tiga pada saat ini,” demikian narasi pelaporan dari petugas tim Prabu 00 Zebra 04.

Sumber: