Pemkab Tegal Umi Azizah Terima Penghargaan Program Dukungan Pendidikan Vokasi

Pemkab Tegal Umi Azizah Terima Penghargaan Program Dukungan Pendidikan Vokasi

Penerimaan penghargaan program dukungan pendidikan vokasi--

RADAR TEGAL - Pemkab Tegal menerima penghargaan program dukungan pendidikan vokasi. Penghargaan tersebut diterima dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi kepada Bupati Tegal Umi Azizah.

Penghargaan program dukungan pendidikan vokasi itu, diterima lantaran Pemkab Tegal selama 2023 menggelotorkan anggaran untuk mendukung program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Dengan, besaran mencapai Rp168 juta dan program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) sebesar Rp 190 juta. 

Penerimaan penghargaan program dukungan pendidikan vokasi itu, dilakukan langsung Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Fakihkurochim. Penerimaan dilakukan di gedung Plaza Insan Berprestasi Komplek Kemendikbudristek di malam penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal 2023.

Usai mendampingi Bupati menerima penghargaan dukungan pendidikan vokasi, Kepala Dikbud Kabupaten Tegal Fakihkurochim mengatakan PKH dan PKK merupakan program layanan pendidikan dan pelatihan. Di mana itu, berorientasi pada pengembangan ketrampilan kerja. 

BACA JUGA:Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN, Ini Kata Bupati Tegal Umi Azizah

"Program PKH dan PKK ini diberikan kepada peserta didik. Agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu,"ujarnya.

Menurut Fakih, program tersebut bertujuan memberikan bekal ketrampilan kerja bagi masyarakat yang tidak bekerja karena belum memiliki ketrampilan. Harapannya, lulusan program PKH dapat langsung bekerja di sejumlah perusahaan maupun industri

"Kita berharap, lulusan program PKH maupun PKK dapat bekerja pada perusahaan. Industri manufaktur, industri jasa, maupun industri rumahan dan industri lainnya,"cetusnya. 

Fakih mengungkapkan, untuk tahun ini program pelatihan terdiri dari menjahit sebanyak 55 orang, komputer 65 orang, otomotif 20 orang, tata rias pengantin 20 orang, serta tata boga sebanyak 19 orang. Program ini didukung APBD II Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Lugas dan Jelas, Uji Keterbukaan Informasi Publik Bupati Tegal Direspon Begini oleh Panelis

"Bupati Tegal meminta kami untuk turut memantau kegiatan, gun memastikan peserta didik benar-benar mahir dalam memahami yang diikutinya. Kaum muda tidak hanya sekadar membutuhkan lapangan kerja, tapi bagaimana mereka ini bisa bekerja dengan kondisi yang layak,"tandasnya.

Sementara penciptaan lapangan kerja, kata Fakih, baik pemerintah. Terlebih sektor swasta tidak sebanding dengan pertumbuhan angkatan kerja setiap tahunnya. 

"Tenaga kerja usia produktif yang tersedia melimpah dan lapangan kerja yang terbatas ini menciptakan berbagai persoalan. Terutama pengangguran terbuka yang sampai sekarang masih menjadi PR kita bersama,"tegasnya. 

Demikian informasi terkait penerimaan penghargaan dukungan pendidikan vokasi kepada Pemkab Tegal. (*)

Sumber: