7 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Terlambat Bertahun-tahun, Hidup Lebih Tenang dan Nyaman

7 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Terlambat Bertahun-tahun, Hidup Lebih Tenang dan Nyaman

Ilustrasi. Cara lunas hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun--Freepik

RADAR TEGAL- Penyebab masyarakat kesulitan membayar hutang pinjol ini beragam macamnya dan ada juga yang galbay (galbay) hingga bertahun- tahun lamanya. Buat Kamu yang ingin terlepas masalah itu sebaiknya tahu cara melunasi hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun.

 

Tahukah Anda jika telat bayar pinjol selama bertahun-tahun bisa menyebabkan adanya tindak lanjut dari perusahaan, misalnya melibatkan debt collector lapangan untuk datang ke rumah Anda. Dengan mengetahui cara melunasi hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun maka hidup Anda akan jauh lebih tenang. 

 

Tapi perlu diingat jika Anda semakin lama membayar hutang pada pinjol dan dibiarkan menumpuk maka beresiko nama Anda akan di blacklist di Slik OJK ataupun masalah keuangan Anda lebih rumit. Jadi ini dia cara melunasi hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun akan diulas pada artikel ini.

 

Meskipun Anda tidak ada niatan untuk membayarnya selama bertahun-tahun, hutang pinjol tersebut masih tetap ada, dan tidak akan lunas secara otomatis. Lalu bagaimana cara melunasi hutang pinjol tersebut?

BACA JUGA: Utang Pinjol Orang Meninggal Dunia, Apakah Bisa Lunas dengan Sendirinya?

Langkah-langkah membayar hutang pinjaman online

Untuk mengatasi masalah yang rumit ini, berikut 7 trik yang dapat Anda lakukan untuk membayar hutang pinjaman online yang sudah bertahun-tahun tak terlunasi.

 

1. Hubungi Perusahaan Pinjol

 

Jika saat ini keuangan Anda memang tidak stabil lebih baik komunikasikan kepada perusahaan pinjol dan sampaikan niat baik Anda untuk segera melunasi hutang. Biasanya beberapa perusahaan pinjol mau bekerja sama untuk mengatur rencana pembayaran hutang yang lebih terjangkau.

 

2. Negosiasi Suku Bunga Tunggakan

 

Dalam beberapa kasus yang terjadi pada nasabah galbay biasanya suku bunga pada pinjol akan mengalami kenaikan berapa persen. Karena itu mencoba untuk negosiasi suku bunga agar lebih ringan kepada perusahaan pinjol.

 

3. Buat Rencana Pelunasan

 

Hal paling penting dengan cara melunasi hutang pinjol selama bertahun-tahun yakni usahakan buat rencana pelunasan. Hindari hal-hal yang menghamburkan uang, lebih baik sisihkan untuk segera melunasi pinjol.

BACA JUGA: Cara Melunasi Hutang Pinjol Tanpa Denda dan Biaya Tambahan, Lakukan Strategi Ini untuk Bebas dari Beban

4. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

 

Meskipun Anda memiliki pekerjaan dengan gaji pokok, jika kemungkinan carilah sumber pendapatan tambahan untuk melunasi hutang pinjol agar cepat lunas

 

5. Kurangi Pengeluaran

 

Jika Anda memiliki hutang pinjol yang menumpuk selama bertahun-tahun, lebih baik kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan mengalokasikan dana ekstra untuk melunasi hutang.

 

6. Evaluasi Keuangan Anda

 

Saat Anda memiliki hutang pinjol, lebih baik hitung secara rinci terkait pemasukan, pengeluaran uang setiap bulannya. Dengan memahami hal penting ini, bisa memudahkan Anda untuk segera melunasi hutang pinjol.

 

7. Hindari Utang Baru di Tempat Lain

 

Jika Anda masih memiliki hutang pinjol yang belum lunas selama bertahun-tahun, alangkah baiknya tidak membuat utang baru di tempat lainnya. Hal ini dapat menyebabkan memperburuk keuangan Anda. 

BACA JUGA:Sederet Bahaya Pinjol Ilegal yang Harus Diwaspadai, Tidak Hanya Bikin Miskin Saja

Sebagai informasi tambahan cara lunas hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun memang membutuhkan kesabaran, disiplin dan fokus dengan satu tujuan agar hidup Anda lebih tenang.

Demikian pembahasan tentang cara melunasi hutang pinjol yang terlambat bertahun-tahun, semoga membantu. (*) 

Sumber: