Inilah Penyebab Air AC Portable Bocor Pantas Tidak Dingin, Ternyata Ini Kendalanya

Inilah Penyebab Air AC Portable Bocor Pantas Tidak Dingin, Ternyata Ini Kendalanya

Ilustrasi penyebab air AC portable bocor tidak dingin.-(Foto: Tangkapan Layar/Instagram/Midea_Indonesia).-

RADAR TEGAL - Mengulas penyebab Air AC Portable bocor yang membuat udara tidak dingin sehingga ketidaknyamanan pun menghampiri Anda.

Dengan mengetahui penyebab Air AC Portable bocor ini, Anda dapat lebih menjaga dan merawat perangkat agar tetap awet serta dingin.

Apa saja penyebab Air AC Portable bocor? Mari ikuti dan telusuri ulasan yang telah kami rangkum berikut ini sampai selesai.

AC portable telah menjadi solusi populer untuk menjaga ruangan tetap sejuk, tetapi seringkali pmengalami masalah air yang bocor dan penurunan performa pendinginan.

BACA JUGA:Spesifikasi Smart TV CooCaa 32S5C Harga Rp1 Jutaan Layar 32 inch, Kualitas Terbaik

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima penyebab umum mengapa AC portable bisa bocor dan tidak dingin, serta solusinya.

Berikut ini beberapa penyebab yang bisa Anda pelajari agar perangkat tetap awet, antara lain:

1. Pan Tetes Penuh

Salah satu masalah umum yang dapat menyebabkan AC portable bocor adalah panci tetesan yang penuh. Panci ini menampung kondensat yang terkumpul di sekitar unit dan harus terhubung ke saluran pembuangan.

Jika panci tetesan penuh, air dapat meluap dan menyebabkan kebocoran. Solusinya sederhana, cukup cabut unit AC dan tiriskan air dari panci tetesan.

BACA JUGA:Harga Rp1 Jutaan, Inilah Kelebihan Smart TV CooCaa 32S5C yang Perlu Anda Ketahui

Namun, jika masalah berlanjut, perlu dicari penyebab lain, karena panci tetesan penuh juga dapat menyebabkan masalah lain seperti bau aneh, pertumbuhan jamur, dan bakteri.

2. Filter Udara Kotor

Meskipun AC portable memiliki filter udara, filter tersebut dapat tersumbat seiring waktu akibat penggunaan terus-menerus.

Jika udara tidak dapat mengalir dengan baik, kelembapan di sekitar AC akan membeku, meleleh, dan menyebabkan air bocor.

Membersihkan filter udara dapat dilakukan di rumah. Cukup bersihkan filter di bawah air keran dan gunakan sabun untuk menghilangkan kotoran.

BACA JUGA:Spesifikasi Smart TV Mi TV 4A Layar 32 inch, Beginilah Penampakannya yang Elegan

Alternatifnya, gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang terlepas dengan cepat.

3. Saluran Pembuangan Tersumbat

Selain filter udara, saluran pembuangan AC dapat tersumbat oleh kotoran, debu, atau bahkan jamur. Hal ini dapat menyebabkan kondensat menumpuk di dalam unit, yang kemudian mengakibatkan kebocoran air.

Untuk mengatasi saluran pembuangan yang tersumbat, cabut steker unit dan periksa saluran pembuangan. Gunakan sumpit atau obeng untuk menghilangkan sumbatan dengan hati-hati.

Alirkan air melalui saluran untuk membilas kotoran dan pasang kembali saluran pembuangan ke unit AC.

BACA JUGA:Spesifikasi Smart TV TCL 32S62 Harga Rp2 Jutaan, Inilah Fitur Menariknya

4. Pompa Kondensat Rusak

Pompa kondensat adalah komponen krusial yang membuang kelembapan dari AC portable. Jika pompa rusak, kelembapan akan tertahan dan menyebabkan air menetes keluar dari unit.

Jika Anda mengalami masalah dengan pompa kondensat, sebaiknya bawa AC portable Anda untuk diperiksa oleh teknisi HVAC berpengalaman.

Tukang servis dapat mendiagnosis masalah dan menawarkan solusi seperti perbaikan atau penggantian pompa dan sebagainya.

5. Sumbat Saluran Air Longgar

Tutup atau sumbat pembuangan yang longgar dapat menyebabkan kelebaban keluar dari unit AC karena tidak dapat menjaga unit tetap kedap air.

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC Portable Hemat Listrik Udara Sejuk dan Nyata Dinginnya, Ini Daftarnya

Periksa tutup pembuangan dan pastikan tidak ada kebocoran. Kencangkan atau pasang sumbat sebaik mungkin untuk mencegah air bocor dari AC portable.

Demikian penyebab Air AC Portable bocor yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut. (*)

Sumber: