Ritual Minta Hujan di Brebes, Puluhan Petani Bawang Merah Sengaja Lakukan Ini

Ritual Minta Hujan di Brebes, Puluhan Petani Bawang Merah Sengaja Lakukan Ini

Petani gelar ritual minta hujan dan do'a bersama.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ritual minta hujan di Brebes digelar puluhan petani bawang merah di Desa Luwungbata Kecamatan Tanjung. Merek menggelar ritual dengan cara do'a bersama, Rabu 20 Desember 2023.

Do'a bersama itu dilakukan petani sebagai ritual minta hujan di Brebes agar tanaman bawang merah mereka terselamatkan. Salah seorang petani bawang merah asal Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, Leim, 56 tahun mengatakan, ritual itu dilakukan para petani untuk meminta hujan.

Pasalnya, sudah 15-20 hari tanaman bawang milik petani tidak disiram. Karenanya ritual minta hujan di Brebes sengaja dilakukan.

"Tadi itu gelar do'a bersama untuk meminta hujan. Soalnya, sejak ditanam kemarin bawang belum disiram," ujarnya di sela-sela ritual minta hujan di Brebes.

BACA JUGA:Ratusan Petani Brebes Geruduk Kantor Pemkab Gegara Kesulitan Air, 2.500 Ha Tanaman Kena Dampak

Dia menuturkan, hampir keseluruhan petani bawang di desanya saat ini kesulitan air. Akibatnya, sudah belasan hari tanaman bawang merah milik petani belum disiram.

"Petani sudah kesulitan air, karena hujan juga lama sudah tidak turun. Sehingga, petani gelar ritual minta hujan dengan bikin tumpeng dan makan bersama," pungkasnya.

Ritual minta hujan di Brebes sendiri dilakukan menyusul ancaman gagal panen yang membayangi sebanyak lebih dari 150 hektare lahan bawang merah di wilayah Kecamatan Tanjung dan Kecamatan Losari. Pasalnya, pasca dilakukan penanaman hingga saat ini, petani masih kesulitan mendapatkan aliran air.

Karenanya, ritual minta hujan di Brebes sebagai bentuk ikhtiar petani bawang merah untuk meminta pertolongan dari Allah SWT. Salah seorang petani bawang merah asal Kecamatan Losari Mashudi, 40 tahun mengatakan, saat ini kondisi bawang merah di wilayahnya sangat memprihatinkan.

Sebab, setelah dilakukan penanaman hingga saat ini hanya mengandalkan air hujan. Sedangkan aliran air dari irigasi tidak ada.

"Selain tanaman bawang yang terancam gagal panen, ada juga tanaman persemaian padi yang mulai mengering," ujarnya, Minggu 17 Desember 2023 lalu.

KESIMPULAN: 

Ritual minta hujan di Brebes dilakukan puluhan petani menyusul ancaman gagal panen yang membayangi sebanyak lebih dari 150 hektare lahan bawang merah di wilayah Kecamatan Tanjung dan Kecamatan Losari. Pasalnya, pasca dilakukan penanaman hingga saat ini, petani masih kesulitan mendapatkan aliran air sehingga kondisi tanaman menjadi mengkhawatirkan.

Demikian informasi terkait ritual minta hujan di Brebes. Semoga hal ini bermanfaat. (*)

Sumber: