Budaya Khas Tegal Punya Banyak Makna, Ini Dia Tari Kuntulan Tegalan

Budaya Khas Tegal Punya Banyak Makna, Ini Dia Tari Kuntulan Tegalan

budaya khas Tegal tari Kuntulan Tegalan--youtube/SMA 1 Slawi

RADAR TEGAL - Kota Bahari memang memiliki banyak sekali budaya yang khas Tegal. Salah satunya adalah budaya seni tari yang juga memiliki makna tersendiri.

Budaya khas Tegal ini perlu kita tahu untuk menghindari hilangnya kultur tegalan. Salah satu seni tari yang menarik adalah tari kuntulan tegalan yang punya banyak nilai seni.

Melansir dari chanel Youtube SMA 1 Slawi, terdapat beberapa penjelasan tentang budaya khas Tegal ini. Di dalam video tersebut juga terlihat tarian kuntulan yang siswa praktekan.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang budaya khas Tegal seni tari Kuntulan tegalan. Ada apa saja hal yang menarik di dalam seni tari ini?

BACA JUGA:4 Budaya Khas Tegal yang Wajib kamu Lestarikan, Jangan Sampai Hilang Tergerus Zaman

BACA JUGA:5 Pantai Terindah di Jawa Tengah yang Cocok Dikunjungi di Akhir Tahun 2023

Budaya khas Tegal: Seni tari Kuntulan Tegalan dengan banyak makna

Tarian ini adalah campuran antara seni dan bela diri islami di Tegal. Pada awalnya, tarian ini adalah sebuah media untuk menyebarkan ajaran agama Islam di daerah Tegal.

Hal ini juga untuk mengelabui para kolonial yang ada di Tegal pada waktu itu. Tarian Kuntulan ini selalu menggunakan sholawat sebagai alunan musiknya.

Di dalam gerakan tarian Kuntulan ini juga punya makna tersendiri loh. Tarian ini pada dasarnya memili 5 varian gerakan yang masing-masing memilik makna.

Berikut ini beberapa makna dan nama gerakan dalam tari Kuntulan ini.

BACA JUGA:Desa Unik di Indonesia Punya Sungai Keramik di Tengah Pemungkiman Penduduk, Begini Penampakannya

BACA JUGA:5 Kebiasaan Unik Suku Jawa, Salah Satunya Suka Mengalah

1. Gerakan jengkeng

Gerakan ini memiliki makna sebagai seorang harus memiliki sifat berani dan tetap tenang. Sikap ini perlu untuk menhadapi cobaan dan musuh di dalam kehidupan.

2. Tangkisan

Selanjutnya, terdapat gerakan tangkisan dengan mengangkat kedua lengan seperti menangkis. Makna yang ada di dalam gerakan ini adalah kesan tegas dan kuat.

3. Gerakan pukulan tari budaya khas Tegal

Sumber: