Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sungai Sewo Indramayu, Bisa Kaya Mendadak?

Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sungai Sewo Indramayu, Bisa Kaya Mendadak?

Penampakan penyapu koin di jembatan kali sewu-Instagram@wj_adventure-

RADARTEGAL.COM-Setiap melintasi  jalur pantai utara Kabupaten Indramayu selama arus mudik maupun arus balik lebaran akan ada pemandangan tidak biasa.

Puluhan orang tampak berkumpul di sekitar jembatan  Sungai Sewo hanya untuk  menyapu koin  dari pengendara yang melintasi wilayah Indramayu.

Jalur tersebut salah satu rute perjalanan mudik lebaran setiap tahunnya yang dilalui ribuan pemudik dari sejumlah daerah menuju kampung halaman.

Warga Berebut Uang Koin Di Jalan

Kisah para penyapu koin di jembatan Sungai Sewo Indramayu memang menarik bagaimana tidak mereka berpanas-panasan di bawah sinar matahari.

BACA JUGA:4 Suku Indonesia yang Terkenal Primitif, Keberadaannya Bahkan Hampir Punah Jika Tak Dilindungi                       

BACA JUGA:Mitos Datangnya Laron Setelah Hujan Diyakini Jadi Pertanda Baik, Apakah Benar?

Mereka berebut koin uang logam yang dilemparkan para pemudik ketika melintasi jembatan Kali Sewu terletak di kawasan Kecamatan Sukro.

Daerah ini termasuk perbatasan Kabupaten Indramayu dengan Subang dan menariknya mereka berberebut menggunakan sapu berukuran cukup panjang.

Kisah para penyapu koin di jembatan  Sungai Sewo Indramayu lainnya yang menarik  ketika mereka menunggu pengendara  motor.

Ada kejadian yang unik  para penyapu koin tersebut berjejer duduk dipinggir   jembatan sembari mengawasi para pemudik siapa tahu melempar uang  koin dijalan.

BACA JUGA:Tradisi Unik Suku Dani Papua, Potong Jari untuk Satu Anggota Keluarga yang Meninggal

Hal itu terungkap  pada video yang diunggah  akun Instagram info Jawa Barat. Dari video yang diiunggah tanggal  29 April 2022 terlihat warga bergegas mengambil uang koin yang dilemparkan oleh para pengendara  dengan sapu

Apabila yang melempar uang koin ke tengah jalan, aksi rebutan antara  warga tidak didapat terelakkan lagi.  Saling dorong  berdesakan menjadi hal umum ketika mereka mengambil uang koin dengan sapu yang dipegangnya di badan jalan.

Tradisi Penyapu Koin Setiap  Arus Mudik Lebaran

Aksi menyapu koin ternyata telah berlangsung lama turun temurun dari generasi ke generasi  yang kemudian menjadi tradisi  setiap arus mudik lebaran.

Dari anak-anak, remaja, bapak-bapak hingga ibu-ibu rumah tangga beramai-ramai sebagai penyapu koin di jembatan Sewo jumlahnya mencapai ratusan orang.

BACA JUGA:Di Balik Keindahan Danau Toba, Inilah 5 Mitos yang Tersembunyi di Dalamnya!                                           

Tradisi penyapu koin tidak lepas dari kisah mistis dan mitos sungai yang berada di bawah jembatan Sewo. Bukan karena tradisi saja, tetapi para pengenara  mempunyai alasan  tersendiri  yang tidak lain agar  bisnis usaha lancar dan selamat sampai tujuan.

Terlepas  dari itu semua banyak pengendara  yang melempar koin untuk meminta keselamatan  dari gangguan makhluk halus. Selama perjalanan melintasi sepanjang akses jalan jalur pantura  hingga sampai tujuan tidak ada  halangan apapun.

Tradisi Lempar Uang  Koin Sejak Zaman Belanda

Setiap arus mudik lebaran tradisi penyapu koin selalu ada tidak pernah terlewatkan  hampir setiap tahun tradisi ini selalu semarak oleh ratusan warga setempat. 

Sejak kapan ritual  lempar  uang koin ada tidak diketahui secara pasti. Tetapi penduduk setempat mempercayai dan menyakini tradisi ini sudah ada zaman pemerintahan kolonial Belanda.

BACA JUGA:Mengenal Waruga, Tradisi Unik Pemakaman Suku Minahasa yang Menggunakan Batu untuk Menguburkan Jenazah

Kebiasaan para pengendara lempar uang koin memang telah menjadi tradisi yang menariknya bukan hanya uang koin saja. Bahkan, terkadang dijumpai sebagian pengendara melempar lebih dari satu koin dan ada juga uang kertas dengan pecahan yang jumlah nominalnya besar.

Jumlah uang koin  dan uang  kertas tidak sedikit dilemparkan oleh para pengendara setiap mudik lebaran setiap tahun dalam tradisi lempar uang koin. Hal tersebut menjadikan tradisi penyapu koin telah menjadi mata pencaharian utama bagi masyarakat di sana.

Tidak sedikit di antara penyapu koin sudah puluhan tahun terjun sebagai penyapu koin di jembatan Sewo Indramayu, Jawa Barat. Mereka terlihat tidak takut akan bahaya mengancam jiwanya dan bertaruh nyawa hanya untuk mendapat sebuah uang koin.

Bahaya tidak hanya datang bagi pengendara melainkan warga sendiri karena saat tradisi lempar uang koin berlangsung saling dorong berdesak-desakan di badan jalan

Kondisi seperti demikian sangat rawan akan terjadinya kecelakaan hingga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di daerah pantura.

BACA JUGA:Misteri dan Mitos Malam Jumat Kliwon: Malam Keramat, Tepat untuk Mengirim Santet?

Demikian tadi ulasan singkat mengenai  kisah para penyapu koin di jembatan Sungai Sewu Indramayu yang telah melegenda dan  tradisi setiap tahun arus mudik lebaran.(*)

Sumber: