10 Fakta Menarik Suku Jawa yang Harus Diketahui, Mulai dari Weton hingga Budaya yang Mendunia

10 Fakta Menarik Suku Jawa yang Harus Diketahui, Mulai dari Weton hingga Budaya yang Mendunia

Fakta Menarik Suku Jawa--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas tentang fakta menarik suku Jawa yang mungkin belum kamu tahu. Jika kamu orang Jawa, sudah seharusnya kamu mengetahui apa saja fakta-fakta suku terbesar di Indonesia ini.

Suku Jawa menjadi suku yang mayoritas mendiami pulau Jawa dan cukup umum untuk dijumpai di Indonesia. Namun, apakah kamu sudah tahu fakta menarik suku Jawa? Kalau belum, kamu wajib membaca artikel ini.

Suku Jawa tersebar hampir keseluruh wilayah Indonesia. Menjadi suku yang terbesar di Indonesia, terdapat beberapa fakta menarik suku Jawa yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Untuk mengetahui apa saja fakta menarik suku Jawa, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Dan berikut beberapa fakta unik dari suku yang mayoritas mendiami pulau Jawa ini.

BACA JUGA: Upacara Adat Kebo-keboan Banyuwangi, Tradisi Unik agar Warga untuk Tolak Bala

Fakta menarik suku Jawa

1. Bahasa Pemrogaman Java

Terdapat bahasa pemrogaman yang mengambil nama dari pulau Jawa, yaitu Java. Bahasa pemrogaman ini juga menjadi salah satu bahasa pemrogaman yang paling banyak digunakan.

Bahasa pemrogaman ini diciptakan oleh James Gosling. Serta dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995.

2. Aksara Jawa

Selanjutnya ada aksara Jawa yang merupakan aksara tradisional untuk digunakan menulis dalam bahasa Jawa. Aksara ini mempunyai historis dan simbolis yang kuat dalam budaya Jawa.

3. Keturunan Austronesia

Suku Jawa merupakan keturunan Austronesia yang bermigrasi dari Taiwan ke Filipina. Hingga akhirnya sampai ke pulau Jawa pada tahun 1500 SM.

BACA JUGA: Mengenal Waruga, Tradisi Unik Pemakaman Suku Minahasa yang Menggunakan Batu untuk Menguburkan Jenazah

Sumber: