10 Fakta Menarik Suku Jawa yang Harus Diketahui, Mulai dari Weton hingga Budaya yang Mendunia

10 Fakta Menarik Suku Jawa yang Harus Diketahui, Mulai dari Weton hingga Budaya yang Mendunia

Fakta Menarik Suku Jawa--

Selain sebagai nenek moyang orang Jawa, Austronesia juga merupakan nenek moyang orang Sunda. Jadi, bisa dikatakan Jawa dan Sunda memiliki nenek moyang yang sama.

4. Kepercayaan Weton

Oleh beberapa kalangan, kepercayaan weton masih dipegang oleh mereka. Weton sendiri merupakan ramalan berdasarkan perhitungan kalender suku Jawa.

Biasanya, pasangan yang akan menikah mencocokan weton milik keduanya. Weton keduanya akan dihitung dan dari hitungan tersebut bisa dilihat cocok atau tidaknya dan baik buruknya pasangan yang akan menikah.

5. Budaya dan Seni Jawa

Fakta menarik suku Jawa selanjutnya adalah banyak seni dan budaya Jawa yang sudah terkenal ke suluruh dunia. Seperti wayang, tari, batik, dan lain sebagainya.

6. Kalender Saka

Suku Jawa memiliki kalender sendiri yang biasanya disebut dengan kalender Saka. Kalender Saka ini mencerminkan pengaruh dari berbagai agama dan budaya yang ada di Jawa.

BACA JUGA: 5 Nama Desa Unik dan Lucu di Indonesia yang Bikin Ketawa, Ada yang Berkaitan dengan Dukun

7. Tingkatan Bahasa Jawa

Bahasa Jawa memiliki tiga tingkatan yaitu Ngoko, Krama Madya, dan Krama Inggil. Bahasa Jawa ini mencerminkan pentingnya sopan santun dan etika di dalam budaya Jawa.

8. Sopan Santun

Sopan santun dan nilai-nilai seperti "Adigang Adigung Adiguna" sangat terkenal di suku jawa. Nilai tersebut mengajarkan betapa pentingnya untuk menjaga kelakuan, tidak sombong, dan menghargai orang lain.

9. Nama Jalan dan Pahlawan

Jika diperhatikan, terdapat banyak nama jalan di Jawa yang menggunakan nama pahlawan Indonesia berdarah Jawa. Contohnya seperti RA Kartini dan Pangeran Diponegoro.

Sumber: