Benarkah Mitos Kecantikan Abadi Nyi Roro Kidul Tak Tertandingi? Intip Rahasianya di Sini

Benarkah Mitos Kecantikan Abadi Nyi Roro Kidul Tak Tertandingi? Intip Rahasianya di Sini

Mitos Kecantikan Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan--

RADAR TEGAL - Nyi Roro Kidul merupakan sosok penguasa laut selatan yang digambarkan memiliki kecantikan abadi. Namun, benarkah mitos kecantikan Nyi Roro Kidul si penguasa pantai selatan ini tak ada tandingannya? 

Masyarakat tanah Jawa tentunya sudah akrab dengan legenda yang menceritakan tentang keberadaan Nyi Roro Kidul. Pasalnya, beragam dongeng tentang keberadaan ratu laut selatan ini banyak diceritakan dalam buku dengan berbagai versi, salah satunya mitos kecantikan Nyi Roro Kidul.

Dalam versi Nyi Roro Kidul di daerah pesisir Malang Selatan tentu akan jauh berbeda dengan versi Nyi Roro Kidul di daerah Yogyakarta atau Jawa Barat. Namun dari berbagai versi mitos cerita yang banyak beredar di lingkungan masyarakat ini terdapat satu kesamaan yang diceritakan oleh para pendongeng yaitu mitos kecantikan Nyi Roro Kidul yang tak tertandingi.

Mitos kecantikan Nyi Roro Kidul memang cukup terkenal. Sosok Ratu Kidul ini merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawa.

BACA JUGA:Mitos Panggung Sangga Buwana di Keraton Surakarta, Tempat Pertemuan Raja-Raja Solo dan Roro Kidul?

Bahkan, masyarakat Jawa mengenal sebuah istilah "telu-teluning atunggal" yang memiliki arti tiga sosok yang menjadi satu kekuatan yaitu Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Ratu Kidul juga dipercaya menjadi "istri spiritual" raja-raja trah Mataram.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mitos kecantikan abadi Nyi Roro Kidul, simak artikel hingga akhir.

Mitos kecantikan Nyi Roro Kidul

Berpakaian serba hijau

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok yang anggun dan mempesona serta memiliki tatapan yang syahdu dan memukau. Wajah Nyi Roro Kidul menyiratkan sebuah sifat kebijaksanaan. Selain itu, Nyi Roro Kidul dikatakan selalu mengenakan pakaian berwarna hijau.

Oleh sebab itu, konon ketika Anda mengunjungi pantai selatan, Anda dilarang memakai baju berwarna hijau. Nyi Roro Kidul, menurut deskripsi, adalah sosok yang memakai mahkota ratu dan memakai kain selendang di bahu.

BACA JUGA:Legenda Sungai Serayu yang Mengaliri 5 Kabupaten di Jawa Tengah, Dipercaya Terbuat dari Air Pipis Bima

Nyi Roro Kidul biasa digambarkan dengan tata rias khas Jawa dengan sorot mata yang tajam dan menusuk. Konon, tatapan mata Nyi Roro Kidul inilah yang biasa menjadi pusat mistis lukisan-lukisannya.

Berpakaian khas kerajaan

Sumber: