Solusi Lunasi Hutang di Banyak Pinjol yang Sudah Terlanjur Gali Lubang Tutup Lubang

Solusi Lunasi Hutang di Banyak Pinjol yang Sudah Terlanjur Gali Lubang Tutup Lubang

Solusi lunasi hutang di banyak pinjol yang sudah terlanjur gali lubang tutup lubang-freepik-

BACA JUGA : 5 Alternatif Pinjaman Uang Tanpa BI Checking Selain Pinjol, Lebih Gampang di ACC!

Anda bisa alokasikan pendapatan Anda untuk membayar hutang tadi dengan mengutamakan yang bunga tinggi lebih dulu. 

Berikan batasan tertentu untuk pengeluaran yang kurang penting dan utamakan untuk membayar hutang-hutang pinjaman Anda yang lain.

4) Negosiasi

Jika Anda masih tetap merasa sulit membayar, maka strategi melunasi hutang pinjol berikutnya ini bisa Anda coba yaitu melakukan negosiasi. Utamanya pada pinjol yang membebankan suku bunga cukup tinggi.

Cobalah lakukan negosiasi dengan sopan dan menyertakan bukti bahwa kondisi keuangan Anda saat ini memang sedang tidak baik. Sebagian perusahaan pinjol mungkin bisa memberikan keringanan ini.

5) Konsolidasi hutang

Anda juga bisa menggunakan cara konsolidasi hutang untuk melunasi hutang pinjol, yaitu menggabungkan beberapa hutang jadi satu pinjaman dengan bunga lebih rendah.

BACA JUGA : 5 Alternatif Pinjaman Uang Tanpa BI Checking Selain Pinjol, Lebih Gampang di ACC!

Cara ini bisa membantu Anda menyederhanakan pembayaran dan mengurangi bunga yang harus dibayar.

6) Cari penghasilan tambahan

Tips terakhir agar bisa melunasi pinjol yaitu dengan mencari penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama. Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan minim modal maupun menjual jasa Anda lewat beberapa situs freelance.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba menjual beberapa barang bekas yang masih bernilai lewat toko online. Seberapapun hasilnya setidaknya bisa menambah pemasukan.

Kesimpulan

Ada sejumlah strategi tepat untuk melunasi hutang-hutang pinjol. Mulai dari mengevaluasi hutang pinjol, memprioritaskan lebih dulu bunga pinjol yang tinggi, membuat anggaran, melakukan negosiasi keringanan, konsolidasi hutang, dan mencari uang tambahan.

Sumber: