Gelar Karya Kearifan Lokal, SMA Negeri 5 Tegal Tampilkan Suwe Ora Jamu dan Gethuk

Gelar Karya Kearifan Lokal, SMA Negeri 5 Tegal Tampilkan Suwe Ora Jamu dan Gethuk

TARIAN-Salah satu peserta sedang menampilkan salah satu tarian dalam gelar P5 bertema kearifan lokal di Halaman SMA Negeri 5 Tegal. -Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Gelar karya bertema kearifan lokal, SMA Negeri 5 Tegal menampilkan pentas seni, dan olahan makanan dan minuman tradisional yang khas Kota Tegal. Lagu Suwe Ora Jamu dan Gethuk pun ditampilkan dalam kegiatan ini.

Mengusung kearifan lokal, seluruh peserta didik dalam 1 kelas dianggap sudah mampu mengimplementasikan melalui pentas seni. Dengan paduan suara yang disertai tarian yang menampilkan lagu dolanan.

Antara lain seperti lagu Kidang Talun, Cublak Cublak Suweng, Menthok Menthok, Gundul Gundul Pacul, Lir ilir, Padang Bulan, Dondhong Opo Salak, dan penampilan hadroh dengan lagu Sluku Sluku Bathok . 

Peserta didik juga mampu menampilkan gerakan tarian yang diiringi lagu-lagu daerah yang mungkin jarang dinyanyikan oleh kalangan anak muda yaitu lagu Suwe Ora Jamu, Gethuk, Taman Curug, Prahu Layar, Caping Gunung, Ande Ande Lumut dan penampilan angklung yang mengiringi lagu Gambang Suling. 

BACA JUGA:Gelar Karya P5, SD Negeri Kejambon 10 Tegal Usung Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan

Melalui Gelar Karya P5, peserta didik secara khusus mengangkat budaya kota Tegal dengan menampilkan Lagu Tegal Keminclong, dan tarian khas Tegal Tari Endel dan Tari Geyol. Peserta didik juga menampilkan tari kreasi tradisional dari Jawa Tengah seperti Tari Sintren, Tari Kencana Wingka, Tari Lenggang Kangkung.

Kemudian Tari Warok Dugder dengan diiringi para penari yang membawa Burok semacam barongsai atau SiSingaan. Peserta didik mengakhiri penampilan pentas seni mereka dengan mempersembahkan drama Roro Jongrang yang dibawakan dengan sangat bagus. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Peserta didik kelas X dan XI,  melaksanakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),  Gelar Karya tersebut merupakan puncak kegiatan pembelajaran. 

Sehingga kegiatan itu merupakan implementasi ide  atau inovasi yang telah dikembangkan oleh siswa sesuai dengan kelompoknya. 

BACA JUGA:Berbahaya, SMA Negeri 5 Tegal Sosialisasi 3 Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja

Gelar Karya untuk tema kearifan lokal, peserta didik kelas X menampilkan pentas seni, dan untuk kelas XI adalah berupa olahan makanan dan minuman tradisional yang khas Kota Tegal. 

"Dan sebagai fasilitator pembelajaran P5 adalah seluruh wali kelas X dari kelas X dan kelas XI dan guru pendampingnya adalah guru mata pelajaran di Kelas X," kata Kepala SMA Negeri 5 Tegal Khurotu Ayun, Jumat 8 Desember 2023.

Ayun menyampaikan fasilitator mempunyai tugas untuk mendampingi, membimbing dan mengarahkan siswa selama pembelajaran P5 dengan tema Kearifan Lokal. Kearifan lokal yang mereka pelajari adalah Kearifan lokal khususnya Kota Tegal dan secara umum Jawa Tengah. 

Sumber: