Gelar Karya P5, SD Negeri Kejambon 10 Tegal Usung Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan

Gelar Karya P5, SD Negeri Kejambon 10 Tegal Usung Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan

PENTAS SENI- Siswa SD Negeri Kejambon 10 Tegal gelar karya P5 di sekolah. -Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di penghujung semester ganjil, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kejambon 10 Tegal mengusung tema Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan. 

Dalam gelar karya P5 ini, tema Bhineka Tunggal Ika menjadi materi yang dipelajari murid kelas 4 dan 5. Pada tema kelas 4 terbagi menjadi 7 kelompok yaitu pertama Gugus Sulawesi dengan menyanyikan lagu Sipatokaan dan Angin Mamiri. 

Ke dua, Gugus Sumatera dengan menampilkan tarian Saman. Ke tiga kelompok yang menyanyikan medley lagu daerah nusantara dalam gelar karya P5. 

Ke empat gugus Indonesia Timur dengan menyanyikan lagu Apuse dan Angin Mamiri saat gelar karya P5. Ke lima gugus Jawa Bali yang menampilkan tarian Kecak.

BACA JUGA:Proyek Kepemimpinan, Mahasiswa PPG Prajabatan UPS Tegal Gelar Karya dan Pentas Seni

Lalu ke enam gugus Kalimantan menyanyikan lagu Ampar-ampar Pisang dan Cik-cik Periok. Terakhir penampilan Tarian pelajar Pancasila oleh kelompok 7 kelas 4.

Adapun untuk kelas 5 terbagi 4 kelompok yaitu Pertama, kelompok yang menampilkan orasi kebhinekaan, kedua fashion show pakaian adat Indonesia. 

Ketiga, kelompok yang menampilkan tarian tradisional dan yang keempat adalah kelompok yang mempresentasikan makanan khas daerah dengan cara saling mencicipi makanan khas yang dibawa kemudian saling memberikan umpan balik.

Untuk kelas 1 dan 2 mengusung tema Kewirausahaan yang dipraktikkan dengan membuat jajanan di rumah. Dalam gelar karya P5 ini mereka kemudian memasarkan dan menjual di sekolah agar murid kelas 1 dan 2 memahami konsep atau cara berwirausaha yang baik.

BACA JUGA:Panen Hasil Belajar Lokakarya 7, 46 Calon Guru Penggerak di Kota Tegal Gelar Pameran

"Kegiatan gelar karya P5 itu sebagai bentuk evaluasi penguasaan materi P5 yang telah dipelajari murid selama satu semester," kata Kepala SD Negeri Kejambon 10 Tegal Ahmad Rifai, Kamis 7 Desember 2023.

Gelar karya P5 sebagai bukti konkret projek dengan mempraktekkan langsung materi yang telah dipelajari. 

"Dari gelar karya P5, kami berharap murid mampu menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam profil pelajar Pancasila dan karakter yang terbentuk semakin kuat," pungkasnya. (*)

Sumber: