HKN ke-59, 168 Orang Antre Donor Darah di Kantor Dinkes Kota Tegal

HKN ke-59, 168 Orang Antre Donor Darah di Kantor Dinkes Kota Tegal

MENINJAU-Plt Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Retno Hendrawati meninjau pelaksanaan donor darah di di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal Jalan Proklamasi 16 Kota Tegal. -Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 168 orang antre donor darah di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal. Calon pendonor berasal dari unsur dinkes, puskesmas, rumah sakit, klinik, laboratorium, institusi pendidikan kesehatan, organisasi profesi kesehatan, serta kader kesehatan.

Kegiatan donor darah itu digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Para pendonor yang berasal dari insan kesehatan Kota Tegal mengikuti skrining sebelum dilakukan pengambilan darah oleh Tim PMI Kota Tegal. 

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal Jalan Proklamasi 16 Kota Tegal. 

"Donor darah insan kesehatan ini semakin meriah dengan adanya puluhan doorprize dan souvenir menarik bagi peserta donor darah," kata Plt Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Retno Hendrawati, Senin 3 Desember 2023.

BACA JUGA:Dilengkapi Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah, Festival Germas Hidup Sehat Digelar di Tegal

Kegiatan dalam rangkaian semarak HKN ke-59 tingkat Kota Tegal terselenggara dengan apik berkat kerja sama dinas kesehatan, dengan seluruh organisasi profesi kesehatan di Kota Tegal serta dukungan dunia usaha. 

Selain itu, juga dilakukan kegiatan seremonial berupa upacara peringatan HKN, kegiatan pengabdian masyarakat berupa Seminar Kesehatan tentang HIV AIDS oleh gabungan organisasi profesi kesehatan yang menyasar lintas sektor dan lintas program serta mahasiswa.

Kemudian ada talkshow radio dengan tema Cegah Diabetes, pelayanan KB gratis dan gratis layanan skrining kanker payudara dan kanker leher rahim  bagi masyarakat. Kampanye Aksi Bergizi dilaksanakan di sembilan sekolah, penyuluhan masyarakat tentang P4GN dan TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh  Tuberculosis), pemusnahan sampah obat masyarakat, serta donor darah.  

"Donor darah insan kesehatan menjadi bagian penting dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka HKN ke-59 tahun 2023," ujarnya.

BACA JUGA:Sumbang Stok, Puluhan Anggota Polisi di Tegal Ikuti Kegiatan Donor Darah

Untuk tema HKN tahun ini dipilih untuk menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh kementerian kesehatan hingga dinas kesehatan. Dengan berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar bisa lebih produktif. 

Sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Kota Tegal menjadi lebih maju. Wujud pencapaian pembangunan era transformasi kesehatan di Kota Tegal di antaranya adalah pengakuan atas mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan di Kota Tegal.

Meliputi semua puskesmas, beberapa rumah sakit dan klinik swasta telah terakreditasi dengan status terakreditasi paripurna. Pada era transformasi kesehatan ini juga telah dicanangkan pengembangan posyandu intergrasi layanan primer.

Sumber: