Dilengkapi Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah, Festival Germas Hidup Sehat Digelar di Tegal

Dilengkapi Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah, Festival Germas Hidup Sehat Digelar di Tegal

Pemenang hadiah doorprize jalan sehat yang digelar dalam Festival Germas hidup sehat di Tegal--

RADAR TEGAL - Festival Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat digelar di Kecamatan Tegal Selatan, Minggu 26 November 2023 pagi. Ada berbagai kegiatan yang digelar dalam aksi tersebut.

Kegiatan yang digelar dalam Festival Germas hidup sehat itu antara lain, jalan sehat dan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, juga ada kegiatan donor darah, pembagian doorprize dan kegiatan lainnya. 

Ketua Panitia penyelenggara Siti Khorisah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan festival Germas hidup sehat. Baik secara moril maupun materiil.

"Kami jajaran panitia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak. Atas terselenggaranya festival Germas hidup sehat ini,"katanya.

BACA JUGA:Puskesmas Tanjung Ajak Warga Hidup Sehat dengan Germas

Camat Tegal Selatan H Muhammad Budi Santosa menyambut baik kegiatan tersebut. Harapannya, kegiatan tersebut dapat memotivasi masyarakat untuk bisa hidup sehat.

Sementara, petugas dari Puskesmas Tegal Selatan dr Wiwit Prastuti mengungkapkan, Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana secara bersama-sama seluruh komponen bangsa. Dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas.

"Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga. Karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,"jelas dr Wiwit.

Adapun Pendiri Komunitas Pemuda Karya (KPK) Bagas Satya Indrana memberikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya festival Germas hidup sehat tersebut. Dia pun menyampaikan perubahan pola hidup masyarakat menjadi dasar pemerintah mencanangkan gerakan tersebut.

BACA JUGA:Ganjar Minta Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat untuk Antisipasi Cacar Monyet

"Kami dari KPK yang selalu konsen terhadap sosial, tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya, agar masyarakat dapat hidup sehat," terang Bagas.

Bagas mengatakan jika dulu banyak ditemukan penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah. Namun, kini justru kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner yang lebih banyak.

"Karenanya, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat. Serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat,"pungkasnya. (*)

Sumber: