Bisakah Utang Pinjol Hangus Tanpa Dibayar? Ini Risiko yang Akan Anda Tanggung Seumur Hidup

Bisakah Utang Pinjol Hangus Tanpa Dibayar? Ini Risiko yang Akan Anda Tanggung Seumur Hidup

Bisakah Utang Pinjol Hangus Tanpa Dibayar?-pexels.com/TimaMiroshnichenko-pexels.com/TimaMiroshnichenko

RADAR TEGAL – Pertanyaan tentang bisakah utang pinjol hangus tanpa dibayar pasti banyak dipertanyakan oleh para nasabah pinjol yang mengalami kesulitan melunasi hutang. Tidak heran karena saat ini pinjol yang memang ilegal menawarkan bunga yang tidak masuk akal dan membuat nasabah malah terjerat hutang pinjol yang berkelanjutan.

Lalu bisakah utang pinjol hangus tanpa dibayar tentunya kembali lagi pada jenis pinjol apa yang kamu gunakan. Maka dari itu kamu harus menambah pengetahuan dan wawasan mengenai platform pinjaman online yang ada saat ini baik itu ilegal maupun legal.

Bisakah utang pinjol hangus tanpa dibayar?

Jawaban untuk bisakah utang pinjol hangus tanpa dibayar adalah tidak karena utang tersebut merupakan kewajiban yang harus kamu bayar. Hal tersebut jika kamu mengambil pinjaman pada platform pinjol yang legal, maka semua catatan kredit akan tercatat secara resmi.

Namun jika kamu menggunakan pinjol ilegal kemungkinan besar tidak tercatat pada BI Checking sehingga kemudian hari tidak perlu lagi wajib untuk dibayar. Kecuali kamu memang punya niatan untuk melunasi semua utang pinjol baik yang legal maupun ilegal.

BACA JUGA: Cara Mengajukan Keringanan Pinjol dengan Cepat dan Efektif, Solusi Tepat di Era Krisis Keuangan

Sebelumnya kenapa banyak nasabah yang melakukan gagal bayar pada pinjol ilegal sesuai dengan saran dari Menkopolhukam Mahfud MD yang menyarankan untuk tidak membayar pinjol. Menurut Mahdfud secara hukum perdata, pinjol ilegal memang sudah dilarang untuk menawarkan pinjaman maka uang yang digunakan nasabah tidak sah penggunaanya.

Namun kembali lagi tentunya aturan tersebut hanya berlaku untuk pengguna pinjol ilegal, sementara pinjol legal sudah sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Maka jika kamu melakukan gagal bayar pada pltform legal kemungkinan kamu tidak akan lagi bisa meminjam uang dari platform pinjol maupun dari bank.

Untuk platform pinjol legal sendiri dibebankan peraturan mengenai hak nasabah, salah satunya adalah aturan untuk batas penagihan. Disebutkan bahwa untuk batas penagihan platform pinjol legal maksimal adalah 90 hari.

Maka dari itu biasanya pinjol akan berhenti melakukan penagihan jika sudah 90 hari, namun bukan berarti kredit kamu akan dihapuskan. Demikian jawaban untuk pertanyaan bisakah utang pinjol hangus tanpa dibayar melihat dari jenis pinjol yang digunakan.

BACA JUGA: 5 Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol Terbaru Bisa Bantu Kamu Bayar Pinjol!

Tips agar bisa cepat melunasi utang pinjol

Bagi kamu yang mungkin sedang terjerat hutang pinjol dan merasa kesulitan untuk membayar hutang yang menumpuk sebaiknya kamu harus tenang dalam mengambil keputusan. Jangan sampai terbawa emosi dan terburu-buru sampai kamu mengambil keputusan yang salah.

Tetap semangat untuk bekerja dan fokus menambah penghasilan bisa kamu lakukan agar bisa melunasi utang dengan cepat. Selain itu sangat disarankan bagi kamu yang kesulitan untuk meminta bantuan kepada orang terdekat atau kepada lembaga yang bisa membantu melunasi hutang.

Walaupun tidak bisa membantu pelunasan hutang secara langsung namun lembaga bantuan pelunasan hutang seperti YLKI bisa menjadi solusi. Karena dengan meminta bantuan kepada YLKI kamu bisa mendapat solusi terbaik agar tidak terlalu dibebankan oleh masalah hutang.

BACA JUGA: Berapa Jumlah Denda Pinjol Maksimal? Cara Jitu Menghindari Jumlah Penalty yang Tinggi

Salah satunya kamu bisa mendapatkan kelonggaran untuk melunasi hutang dengan bunga dan jangka waktu yang menyesuaikan kondisi keuangan kamu. Karena memang pemerintah sudah memberikan kemudahan dan perlindungan kepada nasabah yang mengambil kredit.

Maka dari itu jangan takut jika kamu mendapat tekanan dari debt collector, karena kamu pasti akan mendapatkan perlindungan. Jadi bisakah utang pinjol hangus tanpa bayar jawabannya tentu tidak untuk pinjol legal namun bisa kamu anggap hangus untuk pinjol ilegal. (*)

Sumber: